Pakai Earphone saat WFH Picu Gangguan Pendengaran, Kok Bisa?

Telinga
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Rapat virtual sudah menjadi sebuah tren lantaran COVID-19 mengharuskan untuk bekerja dari rumah. Seringkali, aplikasi rapat virtual mengharuskan kita memakai earphone, yang terkadang memicu masalah pendengaran.

Benarkah Agen Khusus Rusia Potong Telinga Tersangka Teroris Moskow & Dipaksa Memakannya?

Berbagai aplikasi untuk rapat virtual digunakan sepanjang hari dan menyebabkan pemakaian earphone dalam waktu lama. Tanpa disadari, kondisi tersebut bisa menyebabkan telinga mengalami gangguan pendengaran.

Menurut Ketua Perhati KL, Prof Dr dr Jenny Bashiruddin, SpTHT, KL, memakai earphone sebenarnya telah ditetapkan dalam sebuah aturan. Salah satunya, paparan suara tak boleh melebihi 85 desibel (dB), serta dalam jangka waktu lama.

Mengorek Telinga Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan? Begini Kata Buya Yahya

"Kita punya aturan baku, bahwa 85 desibel bunyi itu tidak boleh ada di kuping kita (selama) 8 jam. Itu adalah peraturan formal pada program Konservasi Pendengaran," ujarnya dalam temu media Kemenkes secara virtual bertajuk Hari Pendengaran Sedunia, baru-baru ini.

Dengan adanya paparan suara terlalu tinggi serta dalam jangka lama, pemakai earphone bisa mengalami penurunan gangguan pendengaran sementara. Untuk itu, Prof Jenny menyarankan agar mengistirahatkan pemakaian earphone setiap satu jam.

Pemuda di Tangerang Dibegal, Motor Dirampas-Telinga Nyaris Putus Dibacok Pelaku

"Ada juga aturan yang 1 jam mendengarkan (earphone), 1 jam harus istirahat. Karena kita tahu bahwa dampak kebisingan yang langsung pada telinga itu sebetulnya ada periode yang disebut sebagai penurunan pendengaran yang sementara. Itu akan terjadi apabila kita terpanjat kebisingan yang terlalu lama," kata dia.

Infeksi pada telinga yang sensitif juga bisa ditimbulkan akibat pemakaian earphone dalam jangka lama disertai volume yang keras. Hal itu terjadi lantaran hawa panas yang diakibatkan dari earphone pada telinga. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan telinga agar bisa mencegah infeksi terjadi.

"Kalau dia pake insert phone (earphone), kalau dia liang telinganya itu sensitif, dan dia terlalu lama (pakainya), ya barangkali awal-awalnya terasa panas, ya, tidak enak gitu. Kemudian kalau dikorek-korek, ya tentunya menjadi infeksi," ujar. 

"Tapi sepanjang liang telinganya sehat, bersih, penggunaan earphone yang tadi saya sampaikan 1 jam istirahat, 1 jam digunakan, mungkin itu kan ada kesempatan untuk (telinga) mendapat oksigen juga, ya. Jadi itu akan terhindar dari infeksi," tutur Prof Jenny.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya