8 Cara Pencegahan Efektif Mutasi Virus COVID-19 Jenis B117

Sakit dada gejala covid-19
Sumber :
  • Times of India

VIVA – COVID-19 masih menjadi pandemi yang melanda di dunia dan Indonesia. Belum juga usai, kini peneliti telah menemukan mutasi virus tersebut, salah satunya varian B117  yang telah terdeteksi di Tanah Air.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Wakil Menteri Kesehatan, dr. Dante Saksono Harbuwono menuturkan bahwa mutasi COVID-19 yang terjadi di Inggris, telah ditemukan di Indonesia. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, juga mengungkap bahwa penemuan tersebut terdeteksi dari Karawang.

"Kalau satu tahun lalu kita temukan kasus 01 dan 02 COVID-19, tadi malam saya dapat informasi bahwa tepat 1 tahun ini kita temukan mutasi B117 UK Mutation di Indonesia," kata dia dalam acara daring tersebut, dikutip Selasa, 2 Maret 2021.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Setidaknya tiga jenis varian SARS-CoV-2 yang diketahui, yang menyebabkan COVID-19, telah diidentifikasi dan dipelajari. Pakar menyebut, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai dari mutasi baru itu.

“Ada bukti bahwa mutasi baru ini mungkin 50 persen lebih menular daripada virus asli, yang diperkirakan akan menyebabkan lonjakan besar dalam kasus baru, ” ujar Dr. Scott Braunstein, direktur medis Sollis Health di Los Angeles, dikutip dari Healthline.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa berikut ini yang diketahui tentang mutasi baru tersebut. Varian B.1.1.7 memiliki banyak mutasi itu muncul di Inggris dan telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk ke Amerika Serikat dan Kanada.

Meskipun menyebar lebih mudah dan lebih cepat daripada varian lainnya, tidak diketahui apakah itu menyebabkan penyakit yang lebih parah atau peningkatan risiko kematian.

1,351 muncul di Afrika Selatan. Ini tidak bergantung pada varian yang terdeteksi di Inggris Raya, tetapi memiliki beberapa mutasi yang sama. Kasus telah terjadi di luar Afrika Selatan, tetapi belum terdeteksi di Amerika Serikat.

P.1 diidentifikasi pada empat pelancong dari Brasil yang diuji selama pemeriksaan di Bandara Haneda di luar Tokyo. Itu belum terdeteksi di Amerika Serikat. Varian ini berisi serangkaian mutasi tambahan yang dapat memengaruhi kemampuannya untuk dikenali oleh antibodi.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mencegah penularan dari mutasi virus tersebut?

1. Cegah dengan ABC

Pakar mikrobiologis, Jason Tetro mengatakan tindakan terbaik adalah dengan mengikuti pencegahan ABC, pendekatan yang sama digunakan untuk mencegah campak sebelum vaksin dikembangkan

“Kuncinya bagi saya adalah hingga kami memiliki vaksin, kami harus mengikuti ABC sehingga kami dapat menjaga penyebarannya serendah mungkin,” kata Tetro.

ABC adalah:

(Airways) Jalan napas: Lindungi diri Anda dengan pelindung/  penghalang.

(Bubble) Kerumunan: Berkumpul dengan orang-orang yang Anda percayai secara virologi dan emosional.

(Contact) Kontak: Jika seseorang dalam kerumunan Anda akhirnya tertular virus, mudah untuk melacak kontak. Tetro menyarankan menggunakan aplikasi pelacakan kontak.

2. Kurangi bersosialisasi

Photo :
  • Freepik

Setiap orang yang menghabiskan waktu bersama Anda di dalam ruangan, yang tinggal di luar rumah, meningkatkan risiko penularan dan membuat pelacakan kontak lebih sulit.

"Ini akan menjadi saat yang tepat untuk mengurangi jumlah teman sosialisasi Anda, karena tingkat kepositifan meningkat, mungkin tidak seaman dulu," kata Braunstein.

3. Batasi belanja di tempat

Daripada berbelanja makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya dengan santai, cobalah persingkat waktu yang Anda habiskan untuk berbelanja di dalam rumah.

“Setiap menit yang dihabiskan untuk berbelanja di dalam ruangan meningkatkan risiko Anda,” kata Braunstein. "Jika memungkinkan, gunakan opsi seperti penjemputan di tepi jalan atau layanan pengiriman untuk mengurangi eksposur Anda."

4. Pikirkan kembali pengaturan kerja dan sekolah

Jika Anda tidak bekerja dari jarak jauh, Braunstein menyarankan untuk memindahkan pertemuan kerja di luar ruangan, jika memungkinkan.

“Banyak infeksi didapat melalui kontak di tempat kerja, jadi pastikan untuk terus melakukan jarak sosial di tempat kerja, memindahkan rapat atau pertemuan lain di luar, jika memungkinkan, atau virtual,” katanya.

5. Beribadah dengan bijak

Menurut survei ahli epidemiologi yang dikelola oleh pusat jurnalisme nirlaba CivicMeter, berbagai tempat ibadah digolongkan sebagai risiko tinggi penularan virus, selain bar, penjara, panti jompo, dan restoran dalam ruangan.

“Kita lihat, keramaian pertemuan dengan nyanyian dan partisipasi vokal lainnya bisa menyebar secara masif,” kata Tetro. “Berdoa di rumah mungkin tidak terasa senyaman, tetapi itu akan membantu Anda merasa aman.”

6. Masker

Photo :
  • independent.uk

Meskipun masker kain menawarkan perlindungan dari virus SARS-CoV-2, kemampuan masker untuk melindungi Anda dari menghirup virus mungkin bergantung pada jenis kainnya, jumlah lapisan kainnya, dan seberapa cocok masker tersebut, menurut CDC.

Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan masker yang lebih efektif, seperti masker bedah yang ketat atau N95. Jika Anda tidak memiliki akses ke masker yang lebih baik, maka memakai dua masker mungkin lebih melindungi daripada hanya memakai satu.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa ini cukup untuk menghentikan cukup banyak tetesan agar tidak masuk. Ingat, masker apa pun harus dipakai dengan benar dengan segel di atas hidung dan di sekitar dagu, ”kata Tetro.

7. Cuci tangan sesering mungkin

Photo :
  • Freepik

CDC terus merekomendasikan praktik kebersihan yang baik dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Selain itu, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.

"Mengingat dosis infeksi yang lebih kecil yang diperlukan untuk menularkan strain baru, aktivitas seperti menyentuh bantalan kartu kredit atau pegangan pompa bensin menjadi lebih berisiko," kata Braunstein. “Bawalah satu botol kecil pembersih bersama Anda sehingga Anda dapat segera membersihkannya setelah aktivitas ini.”

8. Vaksinasi

Saat giliran Anda, dapatkan vaksinasi. Braunstein mengatakan vaksin menyandikan beberapa protein lonjakan, dan perubahan pada satu protein seharusnya tidak membatasi keefektifan vaksin.

“Namun, bisa dibayangkan bahwa salah satu varian lain, atau varian masa depan, mungkin memerlukan vaksin baru atau diubah,” katanya.

“Ini hanyalah salah satu alasan mengapa sangat penting bagi kami untuk memperlambat penyebaran dan memvaksinasi orang yang berisiko secepat mungkin."
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya