Begini Pertolongan Pertama untuk Orang yang Jatuh di Kamar Mandi

Ilustrasi kamar mandi dengan bathtub
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Jatuh di kamar mandi bisa bawa dampak yang besar bagi kesehatan penderitanya. Bukan hanya sekadar lecet-lecet atau terkilir saja, jatuh di kamar mandi bahkan dapat berakibat fatal, mulai dari kelumpuhan hingga kematian. 

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

Maka dari itu, jika kita melihat seseorang atau salah satu anggota keluarga terjatuh di kamar mandi, pertolongannya tidak boleh sembarangan, agar tidak timbul risiko yang parah. 

Spesialis Saraf, dr. Zicky Yombana, SpS, mengatakan, ketika akan membantu seseorang yang terjatuh di kamar mandi, kita tidak boleh terburu-buru untuk mengangkatnya. Apa alasannya? 

Baru 3 Minggu Tinggal di Kontrakan, Pria 49 Tahun Ditemukan Tewas Membusuk di Kamar Mandi

"Jadi, prinsipnya kalau kita menemukan seseorang yang terjatuh, entah itu di kamar mandi atau bukan, jangan langsung terburu-buru mengangkat. Karena ada risiko yang namanya cedera tulang belakang," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, baru-baru ini. 

Dokter Zicky menambahkan, saat akan melakukan pertolongan pertama, kita harus memastikan dulu apakah tulang belakangnya aman, benturannya tidak terlalu keras, dan pastikan pasiennya tersadar atau tidak. 

Sarwendah Langsung Bawa Betrand Peto ke RS Setelah Jatuh di Kamar Mandi

"Kalau memang harus diangkat ada caranya. Yaitu dengan tidak membuat tulang belakangnya menekuk atau bergerak terlalu jauh," lanjut dia. 

Sebab, menurut Zicky, jika terjadi kerusakan tulang belakang, hal itu akan mengenai saraf. Meski ada kemungkinan nyawanya tertolong, tapi berisiko terjadi kelumpuhan permanen setelah itu.

"Kalau memang pasiennya masih sadar setelah jatuh dari kamar mandi, bisa ditanyakan mana yang sakit segala macam. Kalau dia bisa bangun sendiri, kita hanya bantu. Tapi kalau memang tidak yakin apakah ada cedera tulang belakang atau tidak, baiknya kita langsung telepon ambulans saja," saran dr. Zicky Yombana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya