Mutasi COVID-19 B117 Masuk RI, Pakar Khawatir Lebih Ganas

Ilustrasi virus corona/COVID-19/masker.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Pandemi COVID-19 telah berlangsung selama satu tahun, di mana virus SARS-CoV-2 kini telah bermutasi. Penemuan dua kasus dari mutasi COVID-19 B117 di Tanah Air pun cukup memberi kekhawatiran baru pada masyarakat.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Kebanyakan mutasi tak berdampak apa pun, tetapi seringkali, serangkaian mutasi akan menghasilkan varian virus yang lebih baik dalam menginfeksi orang dan membuat mereka sakit.

Itulah yang terlihat saat ini oleh para peneliti. Para ahli mengatakan strain baru mengandung mutasi yang dapat memudahkan virus corona untuk mengikat sel kita.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Yang pertama adalah varian D614G, yang muncul di Australia dan India pada bulan Mei. Varian inilah yang lantas menular lebih cepat ke masyarakat dunia.

Pada bulan Desember 2020, para ilmuwan mendeteksi varian B1177 di Inggris, diikuti oleh varian B1351 di Afrika Selatan, bersama dengan varian baru di Los Angeles dan Ohio.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Semua tampaknya jauh lebih mudah ditularkan daripada varian sebelumnya. Kini, beberapa ilmuwan menduga varian B117 mungkin tidak hanya lebih menular, tetapi juga lebih mematikan. Demikian dilansir dari Healthline, Jumat, 5 Maret 2021.

Berikut riset terbaru terkait tiga mutasi COVID-19 tersebut.

Varian B117

Varian B117, yang pertama kali ditemukan di Inggris Raya, diperkirakan 50 persen lebih menular daripada varian sebelumnya. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memprediksi ini menjadi jenis yang dominan di Amerika Serikat pada bulan Maret lantaran kini telah ditemukan 195 kasus.

Penelitian tentang B117 terbatas dan mencakup sejumlah kecil pasien. Tetapi, para ahli setuju bahwa lebih banyak bukti diperlukan untuk mengetahui apakah varian tersebut terkait dengan tingkat kematian yang lebih tinggi.

Meskipun para ahli awalnya menyatakan tidak ada bukti bahwa varian tersebut bisa lebih ganas, bukti baru dari Inggris menunjukkan kasus yang disebabkan oleh varian B117 mungkin lebih mematikan (hingga 30 persen) dan menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Namun, pakar masih berharap besar bahwa vaksin akan berdampak nyata pada varian ini. Seperti vaksin messenger RNA (mRNA) yang dapat dengan mudah dimodifikasi untuk menargetkan varian baru.

Moderna mengumumkan bahwa pengujian baru-baru ini menunjukkan vaksin dapat bekerja pada varian itu, tetapi mereka juga sudah mengerjakan suntikan penguat untuk mencegah garis keturunan B1351.

Varian B1351

Varian B1351 yang ditemukan di Afrika Selatan mengalami mutasi pada protein lonjakannya (spike protein), di mana ia berikatan dengan sel manusia. Ketika virus bermutasi, peluang mereka untuk bertahan hidup meningkat.

Semakin beragam spesies, semakin besar peluang untuk bertahan hidup, kata Benjamin Neuman, PhD, ahli virologi di Texas A&M University Texarkana. Ini yang terlihat pada varian asal Afrika.

“Sebagian besar perubahan buruk untuk setiap virus, tetapi bersama-sama, populasi virus yang lebih lemah tetapi lebih beragam memiliki peluang lebih baik untuk bertahan hidup daripada populasi virus identik yang berukuran sama,” kata Neuman.

Terkadang, mutasi tersebut dapat meningkatkan kinerja virus, seperti yang mungkin kita lihat juga pada varian baru yang terdeteksi di Inggris dan Afrika Selatan.

"Sama seperti insinyur yang baik biasanya dapat menemukan cara untuk mengoptimalkan mesin, mutasi dapat mengubah kecepatan bagian virus yang bekerja," kata Neuman.

Namun, vaksin Moderna sedang mengerjakan suntikan penguat COVID-19 yang akan menargetkan varian yang ditemukan di Afrika Selatan. Sayangnya, Pfizer mengatakan bahwa vaksin mereka akan sedikit kurang efektif pada varian ini.

Varian P1

P1 diidentifikasi pada empat pelancong dari Brasil. Saat itu, keempatnya dites COVID-19 selama pemeriksaan di Bandara Haneda di luar Tokyo. Namun, varian ini belum terdeteksi di Amerika Serikat.

Yang cukup berbahaya, varian ini berisi serangkaian mutasi tambahan. Mutasi tersebut dapat memengaruhi kemampuannya untuk dikenali oleh antibodi sehingga akan sulit dideteksi. Hingga saat ini, belum ada vaksin yang melakukan uji coba pada varian baru ini.

Semua varian dicegah dengan cara yang sama

Mengenakan masker yang tertutup rapat di sekitar wajah Anda, mencuci tangan, dan menjaga jarak secara fisik dari orang lain, terutama di tempat yang ramai, dapat menurunkan risiko Anda mengembangkan COVID-19.

“Hal-hal yang sama bekerja tidak peduli apa virusnya,” kata ahli imunologi dan dokter Yale Medicine, Dr. Ellen F. Foxman.

Banyak yang harus dipelajari tentang mutasi. Sementara itu, sebaiknya tetap waspada saat varian baru muncul. Dengan kekebalan dari infeksi sebelumnya dan yang lebih penting melalui vaksinasi, kita dapat mengurangi kematian yang disebabkannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya