Kebiasaan Buang Air Seperti Ini Rentan Terkena Infeksi

Memegang handphone di kamar mandi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Dulu banyak orang dengan membawa koran dan majalah ke kamar mandi untuk membacanya dan membicarakan bisnis dalam waktu yang lama. Saat ini koran dan majalah telah digantikan oleh telepon pintar. 

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

Mereka tidak terlalu memikirkannya sebelum pergi ke toilet dengan ponsel mereka. Melihat feed Instagram dan mendapatkan berita dunia di toilet mungkin tampak seperti cara yang bagus untuk menghabiskan waktu.

Namun yang tidak disadari adalah bagaimana kebiasaan buang air seperti ini dapat membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit menular dan dapat memiliki beberapa kesehatan yang serius.

Siap-siap Menyambut Xiaomi 14 di Indonesia

Dari semua tempat di rumah, kamar mandi adalah salah satu tempat paling banyak kuman. Segala sesuatu di kamar mandi termasuk keran, pengering tangan, atau gagang pintu menampung kuman dan bakteri. 

Jadi saat membawa ponsel ke sana, ponsel juga bersentuhan dengan bakteri feses. Hal ini dapat terjadi jika menyeka diri Anda sendiri, sentuh gagang siram atau kunci pintu, lalu sentuh telepon.

THR Cair Saatnya Beli HP Baru, Harga Rp1,4 juta Sudah Dilengkapi AI

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Annals of Clinical Microbiology and Antimicrobials mengungkapkan bahwa 95 persen ponsel ditutupi dengan bakteri penyebab infeksi seperti salmonella, E. Coli dan C. Difficile, demikian dikutip dari Times of India.

Telepon seluler membawa kuman

Studi lain yang dilakukan oleh para peneliti di University of Arizona menemukan bahwa smartphone membawa bakteri sepuluh kali lebih banyak daripada closet.

Anda memang mencuci tangan setelah menggunakan toilet, tetapi tidak membersihkan ponsel. Akibatnya, kuman dan bakteri penyebab penyakit tetap menempel di dalamnya dan dapat dengan mudah menyebabkan infeksi. 

Bakteri dan virus yang ada di ponsel Anda bersentuhan dengan berbagai bagian tubuh dan permukaan saat Anda menyimpannya di luar atau mengirim pesan setelahnya.

Teknologi telah membuat hidup kita sangat mudah, tetapi juga menjadi alasan untuk kecemasan dan stres. Semakin sering Anda menggunakannya, semakin cenderung merasa stres. 

Waktu di kamar mandi adalah waktu luang Anda dan saat membawa ponsel ke sana. Dengan membawa ponsel di kamar mandi, Anda menempatkan otak dan kesehatan Anda dalam bahaya. Beberapa bahkan mengalami kesulitan buang air besar karena hal ini.

Ada risiko kesehatan lain menggunakan telepon di kamar mandi timbulnya penyakit wasir. Orang yang membawa ponsel ke toilet, menghabiskan lebih banyak waktu di sana. 
Duduk di toilet dalam waktu lama juga bisa menyebabkan masalah wasir. Jongkok terlalu lama membuat anus terlalu tegang, yang dapat menyebabkan nyeri, pembengkakan, atau pendarahan di daerah panggul.

Setiap orang berisiko terinfeksi kuman yang diambil dari kamar mandi, tetapi orang dewasa yang lebih tua dan mereka yang kekebalannya terganggu berisiko lebih besar terkena infeksi.

Jika termasuk dalam kelompok ini, sangatlah penting bagi Anda untuk tetap aman dan menjaga kebersihan dengan benar. Pilihan terbaik adalah meninggalkan ponsel di luar saat pergi ke kamar mandi. 

Apabila Anda memilih untuk membawanya sendiri, bersihkan dengan 70 persen pembersih berbasis alkohol secara teratur. Selain itu, usahakan untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di kamar kecil. Para ahli merekomendasikan bahwa seseorang tidak boleh menghabiskan lebih dari 10 menit di toilet. Ini jumlah waktu yang sehat untuk tinggal di toilet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya