6 Tren Vitamin dan Suplemen Teratas di 2021

Ilustrasi vitamin, obat, suplemen
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Pandemi COVID-19 telah menyebabkan perubahan dramatis dalam kehidupan sehari-hari. Dengan lebih banyak orang yang berfokus pada peningkatan kesehatan dan kebugaran mereka, penggunaan vitamin dan suplemen telah meningkat secara dramatis. 

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Faktanya, industri suplemen nutrisi mengalami pertumbuhan tertinggi dalam lebih dari dua dekade, dengan peningkatan 12,1% pada tahun 2020. Lintasan ini diharapkan berlanjut hingga 2021, dengan banyak orang yang ingin mendukung kesehatan mereka melalui suplemen. 

Karena itu, Anda mungkin bertanya-tanya tren suplemen mana yang menduduki puncak daftar. Berikut adalah 6 tren vitamin dan suplemen teratas pada 2021, yang dikutip dari healthline.

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

1. Anti stres

Tahun 2020 dipenuhi dengan peristiwa stres dan mengubah hidup yang menyebabkan peningkatan masalah kesehatan mental dan stres di semua kelompok umur.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Akibatnya, banyak orang beralih ke suplemen untuk mendukung kesehatan mental mereka. Faktanya, sebuah laporan oleh Coherent Market Insights mengantisipasi tingkat pertumbuhan sebesar 8,5% di pasar suplemen kesehatan otak dan mental selama 6 tahun ke depan.

Harapkan untuk melihat bahan-bahan seperti magnesium, vitamin B-kompleks, L-theanine, melatonin, valerian, chamomile, dan cannabidiol (CBD) menjadi lebih populer, karena mereka terkait dengan tidur yang lebih baik dan tingkat stres dan kecemasan yang lebih rendah. 6Trusted Source, 7Trusted Source, 8Trusted Source, 9Trusted Source).

Selain itu, adaptogen nabati semakin populer, karena dapat mendukung respons stres tubuh. Secara khusus, ashwagandha dan rhodiola adalah ramuan Ayurveda populer yang dapat menurunkan kecemasan, kadar kortisol, dan gejala depresi ringan.

Meskipun ramuan ini dapat bermanfaat bagi kesehatan mental, Anda harus selalu berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan sebelum mengonsumsi suplemen baru - terutama jika sudah menjalani pengobatan untuk mengatasi depresi, kecemasan, atau penyakit mental lainnya.

2. Untuk kecantikan

Suplemen kecantikan dan perawatan kulit tumbuh secara signifikan tahun ini. Baik itu satu sendok kolagen dalam smoothie atau sejumput kunyit pada salad, mengatasi masalah kulit dari dalam ke luar akan menjadi prioritas yang berkembang.

Faktanya, menurut Google Ads, permintaan penelusuran untuk kolagen meningkat 33% dari Maret 2020 hingga Desember 2020, menunjukkan adanya peningkatan minat pada kecantikan sebagai sub-bagian dari industri suplemen.

Bahan peningkat kecantikan teratas termasuk peptida kolagen, vitamin C, omega-3, asam hialuronat, ceramide, dan campuran teh hijau dan sayuran yang kaya antioksidan.

Secara khusus, diet kaya peptida kolagen, vitamin C, dan omega-3 dikaitkan dengan kesehatan kulit yang lebih baik dan lebih sedikit tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus.

Terlepas dari popularitasnya, jangan berharap suplemen ini mengimbangi perawatan kulit yang buruk dan praktik gaya hidup. Mengenakan tabir surya setiap hari, mendapatkan tidur yang berkualitas, berolahraga secara teratur, dan mengonsumsi makanan bergizi adalah kunci kesehatan kulit.

3. Untuk kekebalan/daya tahan tubuh

Photo :
  • Times of India

Pandemi COVID-19 mengajari kita semua untuk memprioritaskan kesehatan kita. Dengan demikian, terdapat peningkatan 50% yang dilaporkan pada konsumen yang mencari suplemen penunjang kekebalan atau daya tahan tubuh.

Berharap untuk melihat suplemen yang mengandung bahan-bahan seperti seng, selenium, vitamin B kompleks, dan vitamin C dan D, serta solusi kesehatan alternatif seperti kunyit, dan jahe.

Lebih lanjut, beberapa pakar industri percaya bahwa ekstrak jamur obat akan menjadi bagian dari tren ini. Secara khusus, jamur chaga, cordyceps, dan reishi telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk memperkuat sistem kekebalan. Khususnya, industri jamur obat diproyeksikan bernilai US$261,8 juta pada 2026.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun peran potensial mereka dalam mendukung kesehatan kekebalan, tidak ada suplemen nutrisi yang terbukti dapat mencegah atau menyembuhkan penyakit, seperti COVID-19.

4. Vitamin D

Photo :
  • vstory

Vitamin D terus memimpin sebagai nutrisi teratas untuk kesehatan secara keseluruhan. Ini memainkan peran kunci dalam kekebalan, kesejahteraan mental, kesehatan tulang dan kulit, dan melindungi dari penyakit kronis,

Secara khusus, vitamin ini menjadi berita utama pada 2020, karena berbagai penelitian mengaitkan kadar vitamin D yang rendah dengan peningkatan risiko komplikasi COVID-19. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut.

Sementara kulit Anda secara alami menghasilkan vitamin D saat terkena sinar matahari, kekhawatiran tentang sinar ultraviolet (UV) dan batasan wilayah terhadap sinar matahari telah membuat banyak konsumen melengkapi dengan vitamin D. Khususnya, pasar vitamin D diperkirakan akan meningkat 7,2% pada tahun 2025.

5. Suplemen lain 

Konsumen mencari pengalaman yang nyaman dan lebih menyenangkan dengan suplemen, yang akan memerlukan pengalihan dari dari pil tradisional. Secara khusus, vitamin bergetah untuk orang-orang dari segala usia akan terus bertambah populer.

Terlebih lagi, konsumen dapat mengharapkan perusahaan memberikan berbagai pilihan untuk mengonsumsi produk suplemen lainnya. Misalnya, peptida kolagen mulai ditawarkan sebagai bubuk, minuman berasa, kapsul, dan permen karet.

Karena suplemen sekarang dianggap sebagai bagian dari gaya hidup sehat, perusahaan diharapkan menciptakan produk yang sesuai dengan rutinitas harian Anda.

6. Nutrisi hewan peliharaan

Dengan individu menjadi ahli tentang vitamin yang dibutuhkan tubuh mereka, mereka juga memastikan anggota keluarga mereka memenuhi kebutuhan nutrisinya - termasuk hewan peliharaan mereka.

Di antara kategori yang tumbuh paling cepat untuk industri hewan peliharaan adalah suplemen dan produk makanan hewan untuk meredakan kecemasan, membantu masalah kulit, dan meningkatkan kesehatan usus.

Faktanya, Future Market Insights memprediksi bahwa pasar suplemen makanan hewan peliharaan akan mencapai penilaian US$3,78 miliar pada akhir 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya