Tanpa Masker, Pakai Face Shield Tetap Tidak Aman dari Virus COVID-19

Face shield
Sumber :
  • healthline

VIVA – Meskipun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) terus menjadikan masker sebagai salah satu rekomendasi utamanya untuk mencegah penularan SARS-CoV-2 - virus yang menyebabkan COVID-19, beberapa orang beralih ke pelindung wajah plastik atau face shield untuk perlindungan karena mereka bisa lebih nyaman.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Namun, para ahli medis mengatakan face shield tidak memberikan perlindungan yang memadai dari COVID-19 saat digunakan sendiri. Sebagai gantinya, para ahli merekomendasikan pelindung face shield hanya digunakan sebagai penutup wajah, bukan sebagai pengganti masker.

Menurut Dr. Michael B.Edmond, MPH, MPA, MBA, kepala petugas kualitas dan kepala petugas medis untuk Perawatan Kesehatan Universitas Iowa, dan juga profesor klinis penyakit menular di Fakultas Kedokteran Universitas Iowa Carver, pelindung wajah plastik dapat mengurangi risiko tertular virus.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Photo :
  • Drivespark

“Mekanisme utama penularan COVID-19 tampaknya melalui droplet. Pelindung wajah sangat baik dalam mencegah tetesan agar tidak bersentuhan dengan hidung, mulut, dan mata, yang merupakan tempat masuknya virus untuk menimbulkan infeksi," tutur Edmond.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Namun, meskipun face shield memang memberikan perlindungan penghalang, tetesan di sekitarnya masih dapat terhirup melalui area terbuka di sekitar pelindung plastik.

Inilah mengapa Dr. Joy Henningsen, asisten profesor klinis, Bagian VAMC, di University of Alabama di Birmingham School of Medicine, mencatat bahwa face shield bekerja paling baik untuk melindungi pemakainya dari orang yang terinfeksi saat digunakan dengan masker.

Seberapa efektif pelindung wajah plastik dalam mengurangi penyebaran COVID-19?

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Physics of Fluids, oleh AIP Publishing, menggunakan visualisasi untuk memeriksa dan menggambarkan seberapa efektif pelindung wajah plastik dalam mengurangi penyebaran COVID-19.

Mereka menemukan bahwa meskipun pelindung wajah menghalangi gerakan awal ke depan dari simulasi batuk atau bersin, tetesan yang dikeluarkan masih dapat bergerak di sekitar pelindung dan menyebar ke area yang luas dalam suatu lingkungan.

Henningsen juga menunjuk studi lain yang dilakukan setelah wabah COVID-19 di Swiss. Dalam penelitian ini, tidak ada orang yang memakai masker yang dinyatakan positif terkena virus. Namun, beberapa orang yang hanya mengenakan pelindung wajah ternyata dinyatakan positif.

Inilah mengapa dia mengatakan bahwa pelindung wajah adalah suplemen yang baik untuk penutup wajah, tetapi sebaiknya tidak digunakan sebagai gantinya. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pelindung wajah, Henningsen dan Edmond merekomendasikan tiga hal berikut, dikutip dari healthline:

1. Selalu kenakan face shield dengan masker

Henningsen menjelaskan bahwa pelindung wajah atau face shield memberikan manfaat maksimal saat Anda memakainya bersama dengan masker.

Photo :
  • independent.uk

“Kain penutup muka melindungi orang lain. Altruisme yang Anda tunjukkan dengan memakainya adalah kebaikan bagi orang lain, dan kebaikan itu dikembalikan ketika seseorang memakai masker untuk Anda. Saat itulah keajaiban yang sesungguhnya terjadi, saat kedua belah pihak memakainya. masker saya melindungi Anda; masker Anda melindungiku.' tuturnya.

2. Pastikan pelindung wajah pas

"Perisai harus setinggi dagu atau di bawah bagian depan," kata Edmond.

Dia mengatakan bahwa itu harus hampir mencapai telinga di samping dan tidak boleh ada celah antara dahi dan bagian depan perisai kecuali jika ada penutup di atas celah tersebut. Jika tidak, tetesan bisa masuk melalui celah dan mendarat di wajah Anda. 

3. Bersihkan dan disinfeksi face shield setelah digunakan

Sumber tepercaya CDC menyarankan untuk mengacu pada petunjuk pabrikan, jika tersedia. Jika petunjuk tidak tersedia, mereka menyarankan pembersihan dengan deterjen netral dan air hangat untuk menghilangkan kotoran yang terlihat, diikuti dengan bilas air bersih.

Mereka kemudian merekomendasikan untuk mendisinfeksi pelindung wajah, sebaiknya dengan larutan berbasis klorin. Alkohol dapat merusak plastik dan lem seiring waktu. Selain itu, ini dapat menghilangkan sifat antiglare atau antifogging.

Bilas kembali dengan air bersih untuk menghilangkan residu. Angin-anginkan atau gunakan handuk kertas bersih untuk menghilangkan kelembapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya