Hati-hati, Bekerja di Waktu Ini Tingkatkan Risiko Terkena Kanker

Ilustrasi depan laptop.
Sumber :

VIVA – Sebuah studi baru yang dipimpin oleh tim peneliti dari Washington State University, menjelaskan mengapa pekerja shift malam berisiko lebih tinggi terkena jenis kanker tertentu, dibandingkan dengan mereka yang bekerja pada jam-jam biasa di siang hari.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Hasil temuan menunjukkan, shift malam mengganggu ritme 24 jam alami dalam aktivitas gen terkait kanker tertentu, yang membuat pekerja shift malam lebih rentan terhadap kerusakan DNA sekaligus menyebabkan mekanisme perbaikan DNA tubuh tidak tepat waktu untuk menangani kerusakan itu.

Diterbitkan secara online di Journal of Pineal Research, penelitian ini melibatkan eksperimen laboratorium terkontrol yang menggunakan sukarelawan sehat yang melakukan simulasi shift malam atau jadwal shift siang.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Meskipun penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan, penemuan ini suatu hari nanti dapat digunakan untuk membantu mencegah dan mengobati kanker pada pekerja shift malam.

"Ada banyak bukti kanker lebih umum terjadi pada pekerja shift malam, yang membuat Badan Penelitian Kanker Internasional, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan pekerjaan shift malam sebagai orang yang berkemungkinan terkena karsinogenik," kata penulis penelitian, Prof. Shobhan Gaddameedhi, dilansir Times of India, Minggu 14 Maret 2021.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks

"Namun, belum jelas mengapa bekerja shift malam meningkatkan risiko kanker. Inilah yang ingin kami bahas dalam penelitian kami," sambung dia.

Gaddameedhi dan ilmuwan WSU Sleep and Performance Research Center, bekerja dengan pakar bioinformatika di PNNL untuk mempelajari potensi keterlibatan jam biologis tubuh, yaitu mekanisme bawaan yang membuat kita tetap dalam siklus siang dan malam 24 jam.

Meskipun ada jam biologis sentral di otak, hampir setiap sel di dalam tubuh juga memiliki jam bawaannya sendiri. Jam seluler ini melibatkan gen yang dikenal sebagai gen jam yang ekspresinya berirama, yang berarti tingkat aktivitasnya bervariasi dengan waktu siang atau malam.

Para peneliti kemudian melihat konsekuensi dari perubahan ekspresi gen terkait kanker. Mereka menemukan, sel darah putih yang diisolasi dari peserta shift malam menunjukkan lebih banyak bukti kerusakan DNA dibandingkan dengan partisipan shift siang.

Terlebih lagi, setelah para peneliti memaparkan sel darah putih yang terisolasi ke radiasi pengion pada dua waktu berbeda dalam sehari, sel yang dipancarkan di malam hari menunjukkan peningkatan kerusakan DNA pada kondisi shift malam dibandingkan dengan kondisi shift siang.

Artinya, sel darah putih dari peserta shift malam lebih rentan terhadap kerusakan eksternal akibat radiasi, faktor risiko yang diketahui untuk kerusakan DNA dan kanker.

"Secara keseluruhan, temuan ini menunjukkan jadwal shift malam membuang waktu ekspresi gen terkait kanker dengan cara mengurangi keefektifan proses perbaikan DNA tubuh saat paling dibutuhkan," kata penulis lainnya sekaligus ilmuwan komputasi dari Divisi Ilmu Biologi Laboratorium Nasional Pacific Northwest, Jason McDermott.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya