Tak Hanya Vaksinasi COVID-19, Lansia juga Butuh Asupan Gizi Seimbang

Vaksinasi COVID-19.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Program vaksinasi COVID-19 di Indonesia sudah mulai dilakukan secara bertahap sejak Januari lalu. Setelah tenaga kesehatan (nakes) dan petugas pelayanan publik, kelompok usia lanjut (lansia, di atas 60 tahun) menjadi kelompok prioritas untuk divaksin.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan vaksinasi 21,6 juta usia lanjut (lansia) hingga Juni 2021. Untuk pelaksanaan vaksin pada lansia, sedikit berbeda dengan kelompok lainnya. Di mana rentang pemberian vaksin COVID-19 sekitar 28 hari. Ini berbeda dengan usia produktif yakni jeda vaksinasi hanya 14 hari atau dua pekan.

Baca: BPOM Kaji 4 Vaksin Ini untuk Program Mandiri COVID-19

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Dalam pelaksanannya, Danone Indonesia mendukung program vaksinasi COVID-19 dengan menyediakan masker dan hand sanitizer, serta menyebarkan materi edukasi seputar makanan dan minuman bergizi seimbang hingga gaya hidup sehat kepada peserta vaksinasi.

"Terkait program vaksinasi, kami ingin membantu menyukseskan pelaksanaan dukungan kesehatan lansia melalui hidrasi dan nutrisi sehat, penyebaran informasi positif terkait vaksinasi, hingga edukasi kepada masyarakat," kata Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, Selasa, 16 Maret 2021.

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Selain itu, ia juga mendukung kecukupan hidrasi tenaga kesehatan yang bertugas pada saat vaksinasi, mendorong partisipasi masyarakat terhadap vaksinasi, serta rutin melakukan promosi dan penyebaran informasi positif bagi publik melalui media sosial perusahaannya.

“Setiap lapisan masyarakat, komunitas, hingga sektor swasta harus mendukung program vaksinasi dari pemerintah untuk saling menjaga kesehatan bersama. Kami berharap kontribusi Danone Indonesia dalam hal hidrasi dan nutrisi sehat dapat mendukung kesehatan lansia maupun masyarakat luas," tutur dia.

Salah satu bentuk nyata dukungan dari program vaksinasi COVID-19 untuk lansia, Danone Indonesia bermitra dengan Siloam Hospitals Yogyakarta. Kegiatan ini dimulai pada 12 Maret kemarin dengan jumlah 200 lansia setiap harinya dijadwalkan mendapat vaksinasi COVID-19 hingga akhir bulan ini.

“Vaksinasi lansia merupakan salah satu tonggak sejarah yang sangat krusial dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. Dengan dukungan dari sektor swasta dalam penyelenggaraan program vaksinasi, bersama pemerintah kita dapat mengatasi pandemi bersama," kata Kepala Eksekutif Siloam Hospitals Yogyakarta, Siti Nurtata Rizki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya