Berapa Lama Vaksin COVID-19 akan Efektif, Ini Kata Dokter

Ilustrasi - vaksinasi COVID-19.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Kehadiran vaksin COVID-19 menjadi harapan bagi dunia yang menderita akibat pandemi yang merenggut banyak nyawa dan menyebabkan banyak komplikasi mengerikan, termasuk COVID-19 yang berkepanjangan.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Sementara tujuannya adalah untuk mendapatkan orang-orang secara maksimal saat ini, ada juga banyak pertanyaan yang masih belum terjawab. Akankah satu vaksin membawa kita ke kehidupan bebas COVID-19? Berapa lama kekebalan bertahan? Atau, apakah kita perlu mendapat suntikan tahunan, seperti vaksin lainnya?

Beberapa ahli epidemiologi juga percaya bahwa virus SARS-COV-2, yang menyebabkan kerusakan akan terus beredar di dunia seperti bakteri dan virus lainnya, dan kemungkinan besar menjadi infeksi seperti flu atau influenza. Jadi, apakah kita benar-benar mendapatkan kekebalan yang langgeng dengan suntikan COVID-19?

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Vaksin COVID-19 bekerja untuk meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap patogen dengan menghasilkan antibodi yang mengenali dan menghindari infeksi di masa mendatang.

Namun, karena ini adalah virus baru, dan vaksin yang relatif lebih baru, tidak ada data nyata yang menunjukkan seberapa terlindungi seseorang nantinya, setelah divaksinasi.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Menurut Dr Susheel Bindroo, Kepala Departemen Pulmonologi Intervensional, Rumah Sakit & Pusat Penelitian Jaslok, Mumbai, antibodi yang dihasilkan oleh vaksin, atau kekebalan buatan selalu lebih rendah daripada kekebalan alami, demikian dikutip dari Times of India. 

"Dalam pengamatan kami sejauh ini, orang-orang tertular COVID untuk mengamati antibodi penetralisir alami berkurang dalam waktu maksimal 6-7 bulan. Untuk beberapa dengan penyakit penyerta yang serius, virus itu bisa hilang lebih cepat. Oleh karena itu, berhati-hatilah, orang harus ingat bahwa bahkan kekebalan buatan, pada saat ini, akan bertahan untuk periode yang relatif sama. Kami tidak dapat mengharapkan vaksin bekerja seperti sihir," tutur dia.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Lucky Aditya.

Dr Bharesh Dedhia, Konsultan Perawatan Kritis, Rumah Sakit Hinduja Khar juga berpendapat, vaksin sementara tetap menjadi salah satu alat yang paling efektif saat ini, mungkin tidak seefektif yang kita kira. 

"Mempertimbangkan cara mutasi, dapat terjadi bahwa orang membutuhkan suntikan penguat atau menjalani tes antibodi rutin untuk memastikan seberapa kuat kekebalannya," ujarnya.

Para ahli juga menilai track record dengan lintasan dan kasus COVID-19 sangat membingungkan, sehingga tidak ada cara nyata untuk memastikan apa yang bisa terjadi pasca vaksinasi. Hingga saat ini, tidak satu pun dari perusahaan tersebut, baik itu Moderna, Pfizer atau Bharat Biotech yang telah memberikan rekomendasi atau nasihat yang sama.

Vaksinasi tambahan

Jika vaksin bekerja seperti vaksin virus lainnya, yang harus diperbarui secara teratur dan suntikan penguat, orang akan membutuhkan suntikan tambahan atau suntikan tahunan setiap tahun. Jika mutasi yang lebih baru terus berlanjut, bidikan biasa atau bidikan tambahan mungkin diperlukan.

Saat ini, perusahaan seperti Pfizer-BioNTech juga sedang menguji efisiensi suntikan penguat, yang dapat membantu meniadakan risiko yang terkait dengan strain baru.

Selain itu, Dr Bindroo juga percaya bahwa beberapa orang, mereka yang menghadapi risiko tinggi infeksi, atau mereka yang memiliki kekebalan lemah mungkin memerlukan lebih banyak suntikan penguat. 

"Orang tua, yang berusia di atas 50 tahun dengan penyakit penyerta, anak-anak rentan terhadap kerentanan dan tingkat keparahan. Oleh karena itu, mereka mungkin memerlukan pemeriksaan rutin dan menyarankan suntikan berulang untuk melindungi diri mereka sendiri," kata dia.

Photo :
  • Times of India

Suntikan vaksin tambahan hanya akan diperlukan jika virus menjadi ancaman bagi orang yang divaksinasi. Oleh karena itu, sangat mungkin saat ini mendapatkan vaksinasi COVID-19 menjadi urusan rutin.

Meskipun vaksin COVID-19 dapat melindungi Anda dari risiko kematian dan keparahan yang sangat ditakuti terkait dengan penyakit tersebut, masih belum jelas apakah vaksin tersebut dapat menjamin perlindungan penuh dengan suntikan. 

Misalnya, pembuatan vaksin saat ini mungkin tidak efektif melawan jenis yang lebih baru. Ada juga laporan orang tertular COVID-19 (dengan lebih sedikit atau tanpa gejala) setelah divaksinasi.

"Kami membutuhkan waktu setidaknya satu tahun untuk mengeluarkan data yang tepat (tentang kemanjuran vaksin)," tambah Dr Bindra.

Para ahli juga merasa bahwa efek vaksinasi yang sebenarnya hanya akan terlihat setelah kita mencapai tingkat imunisasi yang tinggi di tingkat komunitas. Bukti saat ini menunjukkan bahwa beberapa bagian Inggris dan AS yang telah menyaksikan jumlah vaksinasi yang tinggi mengalami penurunan dalam gelombang COVID-19.

Dr Dedhia juga percaya bahwa risiko infeksi ulang atau komplikasi terkait COVID-19 akan lebih tinggi jika penerima manfaat merasa puas.

“Tubuh butuh waktu beberapa lama untuk bisa mendapatkan manfaat sepenuhnya dari imunisasi. Konon baru 14 hari setelah suntikan kedua seseorang dianggap benar-benar divaksinasi COVID-19. Jadi, jika tidak disuntik tepat waktu, lewati dosis atau lengah, kemungkinan besar, Anda bisa mendapatkan COVID-19 lagi. "

Tingkat efisiensi yang berbeda juga dapat membuat beberapa rentan terhadap risiko. Dokter menambahkan bahwa memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak tetap wajib dilakukan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya