Tiga Bahan Herbal Ini Ampuh Bikin Tidur Lebih Nyenyak, lho

Ilustrasi bangun tidur.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Tidur berkualitas sangat penting untuk menjaga imunitas dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun nyatanya, banyak orang dewasa yang mengalami gangguan tidur khususnya di masa pandemi COVID-19.

Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral, 3 Herbal Ini Bisa Bantu Lancarkan ASI

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si menjelaskan, kualitas tidur sangat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Menurut Inggrid, banyak cara yang dapat dilakukan dalam menjaga kualitas tidur. Salah satunya dengan asupan dari bahan-bahan herbal yang berkualitas.

Dari berbagai penelitian, Inggrid menjelaskan tiga bahan herbal yang kerap dijumpai untuk mempermudah tubuh lebih nyenyak sehingga tidur berkualitas. Dipaparkan Inggrid, ketiga bahan itu antara lain passion flower, akar valerian, dan jahe yang dapat dikonsumsi sebelum tidur.

Mengenal PT TSI, Perusahaan Rokok Herbal yang Bikin Ustaz Solmed Kaya Raya

“Herbal Passion Flower dan akar Valerian telah sejak lama dikenal efektif membantu memperbaiki kualitas tidur.  Herbal Passion Flower dapat diseduh menjadi teh, dan dianjurkan untuk diminum sebelum tidur," kata Inggrid dalam acara peluncuran Antangin Good Night, beberapa waktu lalu.

Khasiat dari Passion Flower yakni meningkatkan kadar asam gamma-amonibutyric (GABA) di otak yang berfungsi menurunkan over-aktivitas otak sehingga pikiran menjadi lebih rileks dan kualitas tidur membaik. Sementara itu, akar Valerian mengandung asam valerenat, asam isovalerat dan antioksidan yang membantu menenangkan pikiran dan membuat tidur lebih nyenyak.

4 Resep Ramuan Herbal, Ampuh Atasi Insomnia

"Umumnya masyarakat mengonsumsi seduhan akar valerian atau ekstrak valerian yang sudah tersedia dalam bentuk kapsul, kaplet atau cairan," ujarnya.

Lain lagi dengan jahe, lanjut Inggrid, yang memiliki efek antispasmodik atau merelaksasi otot yang tegang. Selain itu, jahe juga bersifat sebagai anti nyeri, anti radang, hingga membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Bahkan, jahe juga terkenal dengan sifat diaforetik yakni mampu merangsang pengeluaran keringat dan menjaga fungsi saluran pencernaan dengan baik. Penelitian lain pun membuktikan bahwa jahe mampu mengatasi sakit kepala hingga batuk dan pilek.

“Pada jahe segar (gingerol) meningkatkan kalsium oleh otot jantung dan menguatkan kontraksi jantung (kardiotonik). Memelihara fungsi liver (hepatoprotektif), antiradang, antioksidan, antiseptik dan merangsang sekresi ludah, asam lambung, dan empedu untuk membantu pencernaan,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya