#TanyaDokter: Anak Korengan di Tangan dan Kaki Saja, Apa Penyebabnya?

dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A dari RSPI
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA – #TanyaDokter di laman VIVAlife, VIVA.co.id kembali menghadirkan spesialis dokter anak. Ada banyak pertanyaan yang masuk ke redaksi VIVA. Salah satunya menanyakan hal mengenai koreng. 

5 Reasons of Hair Loss in Cats

Bersama narasumber Dokter Spesialis Anak, RS Pondok Indah – Puri Indah, dr. Cynthia Rindang Kusumastuti, Sp.A kali ini, pertanyaan yang menjadi perhatian tentang masalah penyakit kulit pada anak. Simak pertanyaan dan jawabannya berikut ini. 

Anak saya luka hingga (maaf) koreng tapi hanya di jari tangan dan kaki, bagaimana solusinya agar luka segera sembuh? Apakah bisa disebabkan karena alergi sesuatu, dok?

Berawal Saling Sindir, Richard Lee dan Kartika Putri Memanas Lagi

Mengenai pertanyaan tersebut, dr Cynthia menjawab bahwa ada beberapa kemungkinan penyebab yang mendasari timbulnya luka yang sulit sembuh pada tangan dan kaki saja. 

Salah satu yang tersering adalah dermatitis tangan dan kaki yang dapat disebabkan oleh bahan iritan/alergi tertentu seperti air dan sabun. Biasanya hal ini sering terjadi pada orang yang memiliki bakat atopi/alergi pada kulit. 

Dicibir Richard Lee saat Sakit Kulit, Kartika Putri: Dia Orang Berpendidikan Kan?

"Gejala yang terjadi pada kondisi dermatitis ini berupa kulit kemerahan yang disertai rasa gatal, mengelupas, dan menebal. Terkadang lesi tersebut disertai dengan lenting-lenting yang jika pecah akan menyebabkan luka yang basah atau berkerak," terang dr Cynthia. 

Tak hanya itu, lanjut dr Cynthia. Infeksi jamur juga dapat menjadi penyebab keluhan luka/koreng pada tangan dan kaki, walau penyebaran infeksi jamur yang bersifat sentrifugal menyebabkan penampakan lesi berbentuk bulat yang khas, berbeda dengan kondisi dermatitis lainnya. 

Infeksi bakterial seperti impetigo juga dapat menyebabkan luka koreng pada berbagai area tubuh termasuk tangan dan kaki yang tentunya akan bertambah banyak jika belum mendapat terapi antibiotik yang sesuai. 

"Infeksi parasit seperti skabies juga cukup sering menyerang anak-anak dan menimbulkan luka akibat garukan pada lesi yang terasa sangat gatal. Terapi yang tepat untuk mengatasi keluhan tersebut tentunya harus disesuaikan dengan penyebabnya."

Oleh sebab itu apabila keluhan yang dirasakan sudah cukup lama dan mengganggu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter setempat agar dapat ditentukan dengan lebih pasti penyebabnya sehingga dapat segera diberikan terapi yang dibutuhkan.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya