Ini yang Terjadi Jika Tidak Mencuci Tangan Setelah Menggunakan Toilet

Mencuci tangan
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Apakah Anda terkadang melewatkan mencuci tangan setelah menggunakan toilet? Jika mencoba menyelinap keluar dari toilet tanpa mencuci tangan atau tidak mencucinya dengan benar, artikel ini harus dibaca

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Nah, jika termasuk dalam kategori tersebut, Anda membuat kesalahan besar. Tidak mencuci tangan dengan sabun dan air setelah menggunakan toilet bisa berbahaya.

Kamar kecil adalah tempat berkembang biaknya patogen dan jika Anda menggunakan toilet umum, itu bisa menjadi lebih buruk, karena Anda tidak tahu siapa yang menyentuh apa.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Saat tidak mencuci tangan, kuman berpindah dari tangan Anda ke apa pun yang disentuh, yang mengundang patogen ke dalam sistem Anda. Dari infeksi usus ringan hingga virus corona atau COVID-19, Anda bisa tertular semuanya dengan tidak mencuci tangan.

Mencuci tangan sebelum makan saja tidak cukup. Karena ketika meninggalkan toilet tanpa mencuci tangan dan menyentuh barang-barang, seperti ponsel atau botol air, Anda memindahkan kuman ke benda-benda itu. Setiap kali Anda menyentuh benda-benda ini, Anda mengakses semua kuman lagi.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Kulit kita sangat sensitif. Saat menyentuh kulit dengan tangan yang penuh kuman, Anda berisiko mengalami masalah kulit. Anda bisa mendapatkan ruam kulit, jerawat dan iritasi kulit, demikian dikutip dari Times of India.

Anda bisa menjadi pembawa patogen dan siapa pun yang bersentuhan dengan tangan Anda atau permukaan yang Anda sentuh juga bisa sakit. Berikut ini yang harus dilakukan setelah keluar dari toilet. 

- Cuci semua area tangan 

- Bilas tangan dengan air dan gunakan sabun untuk membersihkan kuman

- Gosok di belakang telapak tangan dan sela-sela jari

- Gosok kukunya juga

- Kuman langsung menyebar di tangan yang basah, jadi tangan harus dikeringkan dengan benar setelah dicuci

- Jangan membuang tisu setelah menyeka tangan. Tunggu sampai Anda membuka pintu dan kemudian membuangnya karena menyentuh kenop pintu dapat membuat terkena kuman yang ditinggalkan oleh seseorang yang tidak mencuci tangannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya