Rekomendasi 10 Obat Sariawan untuk Anak dan Dewasa, Mudah Didapat

Sariawan
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Semua pasti orang pernah mengalami sariawan. Tidak hanya di lidah, sariawan pada gusi hingga di tenggorokan pun bisa saja terjadi. Hal itu pastinya dapat mengganggu kenyamanan Anda saat makan, minum, maupun saat Anda berbicara dan hal itu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Fakta Universitas Seks di Kolombia, 4 Makanan Picu Risiko Kanker

Kondisi yang juga dikenal dengan stomatitis ini merupakan salah satu gangguan pada rongga mulut yang sering dijumpai pada orang dewasa maupun anak.

Terdapat beragam faktor penyebab sariawan antara lain riwayat cedera (trauma), stres, alergi makanan, infeksi, kebersihan rongga mulut yang kurang, atau akibat kekurangan nutrisi tertentu. Tak jarang sariawan juga dapat disebabkan karena lidah atau dinding mulut yang  tidak sengaja tergigit.

Ada Lagi Gejala Aneh COVID-19 Termasuk Omicron, Kini Muncul di Lidah

Untuk dapat mengatasinya hal tersebut, berikut rangkuman beberapa pilihan obat sariawan untuk dewasa dan anak-anak yang aman dan mudah didapat.

Obat untuk Dewasa

Awalnya Sariawan, Aktris Ini Ternyata Idap Autoimun

Sariawan biasanya akan membaik setelah beberapa hari dengan beragam jenis upaya pengobatan. Namun, adanya luka di rongga mulut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, khususnya saat sedang makan. Berikut obat pilihan untuk orang dewasa:

1. Berkumur Air Garam

Air garam adalah salah satu obat sariawan dewasa yang cukup efektif. Antiseptik yang terkandung dalam air garam berguna untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat sariawan. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah, yaitu hanya dengan mencampurkan sejumput garam ke segelas air hangat. Lalu gunakan air garam untuk berkumur. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari, selama kurang lebih satu menit.

2. Oleskan Madu

Antimikroba dalam madu tidak hanya mempercepat proses penyembuhan sariawan, tapi juga dapat  mencegah infeksi. Caranya, oleskan sedikit madu menggunakan cotton bath pada sariawan, ulangi tiap beberapa jam sekali agar sariawan dapat lebih cepat sembuh.

3. Gunakan Obat Golongan Antasida

Obat lambung golongan antasida dapat dipakai untuk mengurangi peradangan pada sariawan. Anda dapat mengoleskan cairan antasida ke area sariawan atau menggunakannya sebagai obat kumur.

4. Agen Oklusif

Untuk mengurangi nyeri dan radang akibat gesekan dari makanan, anda dapat mengoleskan agen oklusif, seperti bismuth subsalicylate, sukralfat, 2-octyl cyanoacrylatte, oleskan pada sariawan untuk melindungi area luka tersebut. Hal ini biasanya akan mempercepat durasi penyembuhan.

5. Steroid Topikal

 Sebelum menggunakan obat ini, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi. Obat golongan steroid dalam sediaan topikal (oles) dapat melindungi luka sariawan dan mengurangi peradangan.

6. Antinyeri

Untuk mengurangi nyeri, anda dapat mengonsumsi antinyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Kedua obat ini dijual bebas di seluruh apotik dan toko tertentu dengan harga yang bersahabat.

Bagaimana dengan Oobat sariawan untuk anak? Nah, berikut rekomendasi obat sariawan untuk anak-anak yang aman dan mudah didapat. Mau tahu informasinya? Klik tautan ini.

Laporan: Prima Nadia Rahayu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya