Bisakah COVID-19 Sebabkan Diabetes? Ini Penjelasannya

Vaksin COVID-19.
Sumber :
  • PAHO

VIVA – Diabetes dianggap sebagai komorbiditas untuk pasien COVID-19. Namun, bagi beberapa pasien, hal itu malah dapat menyebabkan diagnosis diabetes. Dari apa yang dipantau, terjadi peningkatan kasus diabetes sejak beberapa bulan terakhir, terutama pada mereka yang memiliki riwayat COVID-19. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Pengungkapan ini telah menjadi pusat dari banyak studi dan penelitian dan sekarang, salah satu alasan utama banyak orang mencurigainya sebagai cara lain virus dapat berdampak menakutkan pada tubuh manusia.

Dari bukti anekdotal yang muncul sejauh ini, banyak pasien dilaporkan mengembangkan diabetes baik selama infeksi atau setelah pemulihan.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Lebih dari delapan penelitian, yang melibatkan lebih dari 3.700 pasien yang pulih COVID-19 telah disurvei untuk hal yang sama. Temuan tersebut, menurut peneliti terkemuka yang berbasis di AS mengamati bahwa sebanyak 14% pasien kemudian mengembangkan diabetes.

Temuan serupa juga ditemukan di Inggris dan Cina, di mana lebih dari 40.000 orang yang selamat dianalisis. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Photo :
  • U-Report

Studi tersebut juga mengamati perkembangan yang mengejutkan - sebagian besar orang yang mengembangkan diabetes setelah COVID-19 tidak memiliki riwayat penyakit tersebut, yang semakin terlihat di seluruh dunia.

Sementara pertanyaan besar yang masih tersisa - tentang bagaimana COVID-19 menyebabkan diabetes masih belum jelas. Namun, ada beberapa teori yang bisa mengarahkan kita pada petunjuk, termasuk bagaimana virus menyebar di tubuh kita.

Efek samping

Pemulihan setelah virus corona bukanlah yang termudah. Bagi beberapa orang, hal itu dapat mengakibatkan komplikasi yang menentukan, seperti COVID-19 yang berkepanjangan dan banyak efek samping lain yang dapat memengaruhi fungsi vital. 

Masih belum jelas apakah diabetes adalah gejala COVID-19 lama. Namun, dari apa yang diamati, para ilmuwan dan dokter mulai berpikir bahwa virus penyebab COVID-19, SARS-COV-2 memiliki kemampuan untuk menyebabkan insulin dan metabolisme glukosa tidak berfungsi, yang dapat menyebabkan diabetes.

Photo :
  • Johns Hopkins Medicine

Sekarang, diabetes menjadi faktor risiko besar untuk COVID-19. Dari tingkat keparahan hingga kematian, pasien diabetes lebih rentan terhadap komplikasi akibat virus. Apakah orang yang akhirnya mengembangkan diabetes menghadapi risiko serupa masih harus dipastikan. 

Namun, apa yang para ahli rasakan adalah bahwa kasus 'pasca-COVID-19 diabetes' bisa sangat dalam dan menempatkan orang pada risiko terkena komplikasi lain juga.

Salah satu cara virus memengaruhi tubuh adalah dengan menurunkan ambang kekebalan. Bagaimana virus merusak pankreas Anda dapat bergantung pada cara virus berinteraksi dengan reseptor ACE2.

Virus tersebut berinteraksi dengan reseptor ACE 2 untuk menyusup dan menyerang organ vital, termasuk pankreas sehingga menyebabkan gangguan insulin.

Cara lain yang diyakini banyak orang pada kasus diabetes baru bisa melonjak adalah karena badai sitokin - komplikasi terkenal yang terkait dengan infeksi virus yang memaksa sistem kekebalan untuk menghidupkan dirinya sendiri, menghasilkan sitokin fatal yang menyerang jaringan dan organ vital. Ini bisa menyulitkan organ untuk mempertahankan fungsi vital, atau menghasilkan kadar glukosa normal.

Teori lain menunjukkan bahwa virus dapat merusak lapisan sel, termasuk usus yang dapat merusak kemampuan organ untuk mengatur dan memecah glukosa.

Sekali lagi, sementara lebih banyak bukti klinis diperlukan untuk menyimpulkan hubungan antara COVID-19 dan kasus diabetes baru, pasien yang pulih semakin disadarkan untuk tidak mengabaikan tanda-tanda kerusakan, dan berhati-hatilah.

Banyak obat yang digunakan untuk mengobati COVID-19 digunakan secara eksperimental. Beberapa, seperti obat steroid yang digunakan selama pengobatan, juga dapat menyebabkan peningkatan gula darah, dokter memperingatkan. COVID-19 dapat memicu diabetes tipe-1 dan tipe-2 pada pasien yang sembuh.

Meskipun diabetes tetap menjadi penyakit penyerta yang besar yang berdampak besar pada kesehatan Anda dan lebih banyak bukti klinis tentang masalah ini masih ditunggu, penting untuk memperhatikan tanda-tanda awal dan mencari perhatian pada waktu yang tepat. Mereka yang berusia di atas 40 tahun, dan berisiko terkena penyakit lain harus tetap berhati-hati.

Beberapa tanda dan gejala peningkatan kadar gula darah (hiperglikemia), dan diabetes adalah:

-Kelelahan

-Sering lapar 

-Haus berat

-Pandangan yang kabur

-Penyembuhan lambat dan pemulihan dari luka, memar dan cedera

-Sering buang air kecil

-Kesemutan atau mati rasa
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya