Perlu Tahu, Keuntungan dan Kerugian Olahraga Tiap Hari

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA – Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh. Tanpa perlu berlebihan, manfaatnya bisa dirasakan. Seperti diketahui, olahraga bukan hanya baik untuk tubuh, tapi juga untuk pikiran kita. Kita akan berpikir bahwa jika kita berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat, (seperti konsumsi banyak sayuran) pasti akan merasa jauh lebih baik. Tetapi apakah dengan begitu Anda harus berolahraga setiap hari? Hal tersebut sebenarnya tergantung dengan apa yang ingin Anda lakukan.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Meski olahraga baik untuk kesehatan, sejumlah pakar mengungkapkan, melakukan olahraga yang berlebihan atau overtraining tidak dianjurkan. Ahli kebugaran menjelaskan praktik olahraga terbaik bisa dilakukan tujuh hari per minggu. Namun, tak ada salahnya juga, jika Anda sesekali mengambil waktu istirahat. 

Sebagai penyegar, untuk melakukan panduan aktivitas fisik ini, direkomendasikan kepada orang dewasa untuk melakukan setidaknya 150 menit untuk latihan kardio intensitas sedang atau 75 menit latihan kardio intensitas tinggi, ditambah setidaknya dua sesi latihan kekuatan, per minggunya.

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

Jadi, semua bergantung dengan penjadwalan Anda. Bisa juga latihan dilakukan untuk memenuhi jumlah minimum ini hanya dalam beberapa hari. Tetapi jika Anda lebih suka melakukan latihan dengan waktu yang ringan, Anda bisa saja mendedikasikannya dengan lebih banyak berolahraga untuk rutinitas kebugaran, dengan begitu Anda perlu tahu bagaimana melakukan olahraga dengan cara yang optimal dan tetap konsisten.

Berikut adalah keuntungan dan kerugian dari berolahraga setiap hari, ditambah beberapa pedoman  agar olahraga harian dapat berhasil memberikan manfaat.

Profil Yoon Sung Bin, Atlet yang Dirumorkan Jadi Pacar Baru Jihyo TWICE

5 Manfaat Berolahraga Setiap Hari

1. Tidak terlalu banyak duduk
Banyak orang dewasa menghabiskan 70 persen dari waktu mereka untuk bangun dan duduk. Menurut Mayo Clinic, fakta berikut dapat mendatangkan malapetaka bagi kesehatan masyarakat.

Berkomitmen dengan menjadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian Anda dapat membantu mencegah hal ini, hingga pada akhirnya ini dapat memudahkan Anda untuk membuat kebiasaan itu hilang.

"Ini menghilangkan kecenderungan yang terlalu umum untuk meyakinkan diri sendiri bahwa Anda akan melakukannya nanti. Baik itu berjalan-jalan di luar atau dengan sesi latihan kekuatan, komitmen harian untuk bergerak berarti hidup yang lebih santai dan lebih sehat," ucap pelatih masa depan Josh Bonhotal, CSCS.

2. Tujuan Kebugaran Tercapai
Kunci sebenarnya untuk mencapai tujuan kebugaran apa pun yang Anda inginkan yaitu adalah hanya dengan konsistensi.

“Menyatukan latihan setiap hari, secara bertahap dapat membantu Anda meningkatkan intensitas dan kesulitannya dari waktu ke waktu, yang  dapat mengarah ke hasil yang lebih baik,” kata Bonhotal.

3. Mood Lebih Baik 
Menggerakkan tubuh setiap hari tidak hanya mendukung kebugaran fisik, tetapi juga kesehatan mental Anda.

"Olahraga membantu melepaskan endorfin, alias hormon bahagia, yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan," kata pelatih dan ahli gizi Whitney English CPT, RD. Faktanya, para peneliti secara konsisten mengidentifikasi olahraga sebagai pengobatan penting untuk penyakit depresi.

4. Pikiran Lebih Jernih 
Latihan telah terbukti meningkatkan memori dan kemampuan pemecahan masalah, menurut penelitian dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, Hal ini juga dapat melindungi anda dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

5. Pola makan lebih baik
Bagi banyak orang, olahraga dan makan sehat berjalan seiring. “Jika Anda baru saja berolahraga, Anda telah membuat investasi sadar dalam kesehatan anda, dan lebih cenderung melewatkan keripik kentang untuk alternatif yang lebih sehat,” kata Bonhotal.

Olahraga harian juga dapat membantu anda berlatih moderasi dengan minuman setelah makan malam dan makanan ringan larut malam. Segelas anggur juga mungkin tidak terlalu menarik ketika anda tahu bahwa anda memiliki rencana lari jam 6 pagi untuk esok hari.

Kerugian Dari Berolahraga Setiap Hari
Meskipun manfaat berolahraga setiap hari bisa sangat nyata, terdapat dua potensi kerugian utama yang perlu Anda ingat.

1. Menunda proses pemulihan 
Jika menurut Anda olahraga harian berarti latihan intensitas tinggi setiap hari, ketahuilah bahwa "Keuntungan anda tidak akan terjadi sampai Anda pulih dari latihan," kata Pilkington.

Jika anda ingin melihat hasil dari kegiatan olahraga, beri waktu  otot untuk beristirahat dengan waktu yang cukup untuk dapat diperbaiki. Jika tidak, Anda mungkin secara fisik melatih tubuh Anda secara berlebihan dan pada akhirnya merusak keefektifan latihan Anda. Kelelahan yang berlebihan dan rasa sakit serta nyeri yang tidak biasa menandakan Anda terlalu melakukan banyak hal atau olahraga yang dilakukan terlalu berlebihan

2. Kelelahan mental
"Jika Anda tidak cukup memvariasikan latihan harian Anda, Anda dapat dengan cepat mengalami kelelahan psikologis dan menjadi tidak termotivasi untuk tetap aktif," kata Bonhotal. Dengan begitu Anda tidak dapat menikmati manfaat olahraga hariana jika anda melepaskan kebiasaan itu.

Laporan: Prima Nadia Rahayu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya