Vaksin Nusantara Terawan Ditunda, BPOM: Kita Tidak Pilih-pilih

Vaksinasi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Vaksin berbasis sel dendritik atau dikenal dengan vaksin nusantara tak direstui untuk lanjut ke uji klinis fase kedua oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI. Beberapa pihak mempertanyakan terkait langkah tersebut dan menyebut ada ketidakberpihakan BPOM RI terhadap tim peneliti.

Terawan hingga Eks KSAD Dudung Hadir jadi Pendukung Prabowo di Debat Pamungkas

Menanggapi hal itu, Kepala BPOM RI, Penny K Lukito menegaskan bahwa pihaknya telah menilai proses pembuatan vaksin nusantara yang digagas oleh mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Menurutnya, ada beberapa langkah yang memang perlu dikoreksi dan BPOM akan menunggu hasil koreksi tersebut.

"Sudah final dalam hal tersebut. Kami nunggu koreksi yang akan dilakukan. Apa yang sekarang terjadi di luar BPOM, bukan kami lagi untuk nilai itu. BPOM hanya melakukan pendampingan. BPOM tidak pilih-pilih," terangnya dalam konferensi pers daring, Jumat 16 April 2021.

5 Pejabat Penerima Gelar Profesor Kehormatan, Ada Megawati, SBY hingga Terawan

Penny menjelaskan bahwa BPOM telah menilai hasil uji fase satu butuh banyak koreksi. Sebab, proses pengembangan vaksin harus sesua standard yang ada. Apabila melewati satu tahapannya saja, kata Penny, akan terjadi kegagalan di fase sebelumnya. Terlebih, vaksin ini akan digunakan kepada manusia secara massal.

"Harus dimulai pre-klinik karena itu aspek terhadap perlindungan subjek yang nantinya melibatkan manusia," tutur Penny lagi.

Vaksin Nusantara Buatan Terawan Kembali Masuk Jurnal Internasional

Dari aspek pre-klinik ini, dua hal penting akan diketahui yakni menyangkut keamanan dan efikasinya. Untuk itu, tim peneliti vaksin nusantara maupun pengembang dari tim peneliti lain, Penny mengharapkan agar tak melewati fase apapun untuk membuat vaksin COVID-19.

"Secara natural harus berdasarkan tahapan scientific yang tidak bisa diabaikan. Kalau mau dapat vaksin bermutu, berkualitas, dan memenuhi aspek keamanan dan efikasi," katanya lagi..

Eks Menkes Terawan Agus Putranto hadir nonton debat kelima Pilpres 2024.

Muncul di Debat Terakhir Capres, Nusron-TKN: Pak Terawan Dukung Prabowo-Gibran

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid mengatakan mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mendukung pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2024