5 Mitos Tentang Diabetes Ini Dibantah Ahli

Pria bertubuh gemuk.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Diabetes adalah salah satu masalah paling umum di antara orang-orang saat ini. Tapi ada banyak mitos tentang masalah penyakit diebetes ini. Penderita diabetes di Indonesia setiap tahunnya semakin meningkat.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

World Health Organization (WHO) memperkirakan jumlah pasien diabetes di Indonesia khususnya tipe 2 akan meningkat signifikan hingga 16,7 juta pada 2045. Hal ini bisa terjadi bila masyarakat Indonesia masih kurang sadar akan penyakit ini dan kerap menyepelekannya. 

Terlepas dari kenyataan bahwa diabetes tersebar luas, ada banyak mitos mengenai penyebabnya, pengobatan dan bagaimana hidup dengan diabetes memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda. 

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Vikas Chawla, Pendiri dan Direktur, Vedas Cure mematahkan mitos tentang diabetes dikutip dari Pinkvilla.

Mitos 1-Seseorang tidak akan pernah bisa bebas dari diabetes

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

Photo :
  • U-Report

Penderita diabetes tidak membutuhkan insulin atau obat-obatan untuk waktu yang tidak terbatas. Ini dapat dikelola dengan langkah-langkah pencegahan tertentu seperti diet seimbang, perubahan gaya hidup, terapi herbal, dan aktivitas yoga tertentu.

Mitos 2- Diabetes adalah keturunan

Ini hanya setengah kebenaran. Meskipun ada korelasi genetik yang jelas antara diabetes tipe 2 dan obesitas, gen tersebut tidak aktif. Mereka diaktifkan oleh pola makan, gaya hidup, dan stres seseorang. 

Menariknya, gen ini dapat dimatikan dengan mengubah pola makan, gaya hidup, dan tingkat stres Anda. Anak-anak penderita diabetes biasanya sehat dan hanya dapat mengembangkan diabetes tipe II setelah usia 45 tahun. Diabetes tipe II hanya memengaruhi 15-20 persen dari kasus seperti itu, tidak semua.

Mitos 3 - Gula adalah penyebab diabetes

Photo :
  • Pixabay/955169

Diabetes disebabkan oleh kekurangan hormon yang disebut insulin dalam aliran darah, bukan karena makan terlalu banyak gula. Sementara gula tinggi dalam makanan meningkatkan gula darah, sebagian besar penderita diabetes menderita resistensi insulin yang disebabkan oleh lemak, asam / peradangan, dan molekul IGF yang ditemukan dalam susu dan produk susu.

Mitos 4- Seorang penderita diabetes tidak boleh makan nasi

Photo :
  • U-Report

Konsumsi karbohidrat berlebih biasanya meningkatkan kadar gula darah setelah makan. Dengan beberapa kacang-kacangan, nasi dalam jumlah sedang dapat dikonsumsi.

Mitos 5- Orang gemuk juga akan menderita diabetes

Tentu tidak. Diabetes disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk ketidakseimbangan gula darah-insulin dan pilihan gaya hidup. Obesitas dapat menjadi faktor dalam tahap pra-diabetes, tetapi dapat dikelola dengan berbagai perbaikan gaya hidup, pola makan yang seimbang, dan olahraga teratur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya