3 Minuman Penambah Imunitas yang Wajib Tiap Pagi

Minuman penambah imunitas
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Jumlah kasus positif COVID-19 meningkat pesat di sejumlah negara. Mutasi ganda dari varian virus corona lebih menular dari yang sebelumnya, sehingga menjadi prioritas utama untuk lebih menjaga kesehatan, kebersihan dan kekebalan kita saat ini. 

5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Berikut ini tiga minuman penambah imunitas yang wajib ada di meja makan Anda setiap pagi, seperti dikutip dari Times of India. 

Minuman pertama 

Resmi Kantongi Sertifikat Halal Seumur Hidup, Manajemen Dunkin Ungkap Alasan Hilangnya Kata Donuts

Bahan: 1 cangkir air, ¼ sendok teh (sdt) jahe parut mentah, ¼ sdt akar kunyit, 1 sdt cuka sari apel (ACV), dan 1 sdt madu.

Cara membuatnya: Tambahkan air, jahe dan kunyit ke dalam wajan dalam dan didihkan (5-10 menit). Setelah air mulai mendidih, matikan kompor dan biarkan ramuan menjadi sedikit dingin. Saring minuman dalam cangkir dan tambahkan madu dan cuka sari apel ke dalamnya.

Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?

Minuman ini sarat dengan bahan-bahan ramah kesehatan yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Cuka sari apel (ACV) melarang pertumbuhan patogen jahat dalam tubuh dan mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat, yang penting untuk kekebalan yang kuat. 

Akar, kunyit dan jahe sarat dengan antioksidan, sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Kunyit adalah penyembuh alami, sedangkan jahe meningkatkan jumlah sel darah putih, yang membantu menghancurkan patogen asing.

Minuman kedua 

Bahan: 1/2 sdt biji ajwain, 5 daun kemangi atau tulsi, 1/2 sdt bubuk lada hitam, 1 sdt madu.

Cara membuatnya: Ambil wajan dan tambahkan 1 gelas air, biji karom, lada hitam dan daun kemangi di dalamnya. Biarkan air mendidih selama 5 menit. Matikan gas dan saring ramuan tersebut dalam cangkir. Biarkan campuran mendingin sebentar sebelum menambahkan madu ke dalamnya.

Biji ajwain atau karom memiliki khasiat obat yang kuat dan telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kesehatan untuk waktu yang lama. Sifat anti-inflamasi dari rempah-rempah yang tersedia secara umum ini dapat membantu meningkatkan kekebalan dan meredakan batuk dan pilek yang parah. Menambahkan daun kemangi, lada hitam, dan madu ke minuman ini membuat ramuan ini semakin efektif

Minuman ketiga 

Bahan: 6-7 Daun kemangi atau tulsi, 5 Cengkeh, 1 sdt jahe parut,  1 cangkir jus giloy, 2 sdm jus lemon, garam hitam 
Cara Membuat: Ambil wajan dan tambahkan satu cangkir air, daun tulsi, cengkeh dan jahe di dalamnya. Biarkan ramuan mendidih selama 5 menit. Saring campuran dalam botol kaca dan simpan. 

Tambahkan 1 sendok teh campuran ini ke 1 cangkir jus Giloy dan tambahkan sejumput garam hitam dan sedikit jus lemon ke dalamnya. Aduk rata dan diminum setiap pagi.

Giloy dikemas dengan sifat antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas penyebab penyakit di dalam tubuh. Ramuan Ayurveda yang telah teruji kali ini juga dapat membantu membuang racun, membersihkan darah, mencegah penyakit lever dan infeksi saluran kemih. 

Tulsi, jahe dan cengkeh juga menunjukkan sifat antimikroba, antibiotik, dan anti-inflamasi dan menambahkannya ke minuman ini dapat meningkatkan rasa dan meningkatkan kesehatan kekebalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya