Cara Efektif Hilangkan Tahi Lalat, Awas Jangan Lakukan Sendiri

ilustrasi tahi lalat
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Tahi lalat merupakan pertumbuhan kulit yang umum. Seseorang mungkin akan memiliki lebih dari satu, baik itu di wajah maupun di tubuh. Bahkan, kebanyakan orang memiliki 10-40 tahi lalat yang menyebar di beberapa area tubuh.

Hindari Kanker Kulit, Ini Pentingnya Re-Apply Sunscreen

Kebanyakan tahi lalat tidak berbahaya jadi tidak perlu dikhawatirkan. Kamu tidak perlu menghilangkan tahi lalat kecuali itu benar-benar mengganggu. Tetapi jika kamu tidak menyukainya, menghilangkan tahi lalat tentu sah-sah saja.

Tahi lalat yang benar-benar perlu dipertimbangkan untuk dihilangkan adalah tahi lalat yang tumbuh karena mengindikasikan pada kanker kulit atau melanoma. Ciri-cirinya, biasanya tahi lalat seperti ini memiliki perbedaan warna, ukuran (terus tumbuh) dan bisa dilihat dari bentuk tahi lalat yang berbeda. 

Kerja Luar Ruangan Sebabkan 1 dari 3 Kematian Akibat Kanker Kulit, WHO Beri Saran Ini

Beberapa orang mungkin tergoda untuk menghilangkan tahi lalat yang ada di wajah atau tubuhnya. Lalu, adakah cara efektif untuk menghilangkan tahi lalat? 

Dilansir Healthline, Selasa 20 April 2021, banyak yang memberikan tips menghilangkan tahi lalat sendiri di rumah. Namun, metode ini tidak terbukti berhasil, bahkan beberapa malah berbahaya. 

Waspada, 5 Tanda Peringatan Kanker Ini Sering Disalahartikan Sebagai Ketombe

Beberapa studi telah melaporkan efek samping dari krim penghilang tahi lalat yang dijual di toko obat atau secara online. Krim ini bisa menimbulkan bekas luka tebal yang terbentuk di area tahi lalat. 

Menghilangkan tahi lalat dengan memotongnya menggunakan benda tajam seperti gunting atau silet juga berisiko. Memotong pertumbuhan apa pun di kulit, dapat meningkatkan risiko infeksi, terutama jika alat yang kamu pakai tidak dibersihkan dengan benar. 

Risiko lain menghilangkan tahi lalat sendiri adalah, kamu tidak mengetahui apakah tahi lalat yang kamu miliki berisiko kanker atau tidak. Bisa jadi, tahi lalat itu mengindikasikan melanoma. 

Oleh karena itu, cara yang lebih aman untuk menyembunyikan tahi lalat adalah dengan menutupinya dengan makeup. Jika ada rambut yang tumbuh di sekitar tahi lalat, memotong atau mencabutnya masih tergolong aman. 

Nah, jika kamu berencana menghilangkan tahi lalat secara permanen, mengunjungi dokter kulit adalah cara yang paling tepat. Temui dokter jika tahi lalat kamu mengalami perubahan, karena bisa menjadi tanda kanker. 

Dokter kulit akan menggunakan dua metode yang aman dan efektif untuk menghilangkan tahi lalat. Pertama, dengan operasi eksisi. Dokter akan mematikan area di sekitar tahi lalat, kemudian memotong seluruh tahi lalat. Setelah itu, dokter akan menjahit atau menutup luka dengan jahitan.

Kedua, dengan pencukuran bedah. Dokter akan mematikan area di sekitar tahi lalat dan menggunakan pisau untuk mencukur tahi lalat. Metode ini tidak memerlukan jahitan. 

Namun yang pasti, metode apa pun yang digunakan oleh dokter, mereka akan menguji terlebih dahulu apakah tahi lalat yang kamu miliki berpotensi kanker atau tidak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya