7 Langkah Sederhana Menjaga Kesehatan Hati

Ilustrasi organ hati.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tanggal 19 April lalu diperingati sebagai Hari Liver Sedunia yang digunakan untuk mengamati dan menyebarkan kesadaran di sekitar organ terbesar kedua di tubuh kita, Hati atau Liver. 

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Hati adalah salah satu organ tubuh kita yang paling kompleks selain otak dan memainkan peran kunci dalam menjaga tubuh kita tetap aktif dan sehat. Ini memainkan peran penting dalam menjaga sistem pencernaan tubuh kita dan mengatur metabolisme termasuk sistem kekebalan tubuh.

Karena semua yang Anda makan atau minum melewati hati, menjaga pola makan seimbang dan membatasi kebiasaan makan kita sangat penting untuk menjaga kesehatan hati. Ini secara langsung berdampak pada kesehatan hati kita dan karenanya, itu adalah organ yang mudah rusak jika tidak dirawat.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk agar liver atau hati terap bebas dari racun, dikutip dari Times of India.

Jalani diet seimbang

Wajah Lettu Fardhana Tunangan Ayu Ting Ting Jadi Sorotan, Warganet: Kok Jadi Tua Banget

Menjaga pola makan dan tidak mengonsumsi junk food adalah salah satu langkah terpenting yang perlu dijaga. Pastikan Anda memasukkan banyak sayuran berdaun hijau ke dalam makanan, makanan berprotein, buah-buahan dan produk susu. Makan sayuran seperti brokoli, kubis, wortel, apel, dan kembang kol.

Berolahraga secara teratur

Photo :
  • U-Report

Berolahraga secara teratur membantu detoksifikasi paru-paru. Hal ini membuka paru-paru Anda untuk lebih banyak oksigen dan udara segar. Olahraga juga menghasilkan lebih banyak oksigen dalam tubuh dan memurnikan darah. Kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat menyebabkan masalah pada lever Anda.

Katakan tidak pada alkohol dan rokok

Hindari minum atau merokok berlebihan. Alkohol dapat merusak paru-paru dengan mudah dan tidak ada jalan untuk kembali darinya. Memulihkan dari paru-paru yang rusak adalah proses yang sulit. Itulah mengapa yang terbaik adalah mengurangi atau berhenti merokok atau minum dalam jumlah yang berlebihan.

Katakan ya untuk kenari dan bawang putih

Photo :
  • Times of India

Kacang kenari dan bawang putih bekerja seperti obat untuk menyembuhkan paru-paru Anda dan menjauhkannya dari semua racun. Kenari dan bawang putih dapat membantu dalam membersihkan paru-paru, meningkatkan aliran darah dan memastikan jalan yang aman melalui paru-paru.

Gunakan minyak zaitun

Yang terbaik adalah menggunakan minyak zaitun untuk memasak karena sehat untuk hati. Ini membantu dalam menurunkan kadar lemak di hati, meningkatkan aliran darah dan meningkatkan kadar enzim hati.

Minum teh hijau

Photo :
  • Times of India

Teh hijau atau teh lemon sangat dianggap sehat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ini memiliki manfaat yang sangat tinggi untuk hati karena meningkatkan aliran darah dan menjaganya tetap sehat dengan membuang semua racun dari hati.

Gunakan bubuk kunyit

Bubuk kunyit merupakan obat kuno untuk membunuh bakteri dan penyakit di dalam tubuh. Anda bisa memasukkan sejumput bubuk kunyit ke dalam semua makanan Anda atau minum susu kunyit setiap malam sebelum tidur untuk membunuh racun dari tubuh Anda. Bubuk kunyit adalah bahan yang ampuh untuk menghentikan kerusakan hati dari semua racun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya