Tanggapi Tsunami COVID-19 di India, WHO: Sangat Memilukan

Virus corona
Sumber :
  • Times of India

VIVA – India telah melaporkan 346.786 kasus baru COVID-19 selama 24 jam sebelumnya, dengan 2.624 kematian. Ini merupakan jumlah korban harian tertinggi di dunia sejak pandemi dimulai tahun lalu.

Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos

Secara keseluruhan, hampir 190.000 orang telah meninggal akibat COVID-19, sementara lebih dari 16,6 juta orang telah terinfeksi. Wabah baru di India sangat parah sehingga rumah sakit kehabisan oksigen dan tempat tidur, dan banyak orang yang sakit ditolak.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyuarakan kewaspadaan pada tsunami COVID-19 di India. Disebutkan bahwa pihaknya bergegas untuk membantu mengatasi krisis.

"Situasi di India sangat memilukan. WHO melakukan semua yang kami bisa, menyediakan peralatan dan pasokan penting," kata Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada wartawan, dikutip dari laman Al Jazeera.

Tedros mengatakan badan kesehatan PBB mengirimkan ribuan konsentrator oksigen, rumah sakit lapangan bergerak prefabrikasi dan persediaan laboratorium. WHO juga mengatakan telah memindahkan lebih dari 2.600 ahli dari berbagai program, termasuk polio dan tuberkulosis, untuk bekerja dengan otoritas kesehatan India guna membantu menanggapi pandemi.

Untuk negara di mana jumlah COVID-19 sempat turun drastis hanya beberapa minggu yang lalu, apa yang terjadi sebenarnya di India?

Varian India, yang dikenal sebagai B.1.617, tampaknya mendatangkan malapetaka di negara tersebut. Sejak 15 April, India telah melaporkan lebih dari 200.000 kasus virus corona setiap hari dan ibukotanya, Delhi, baru-baru ini mengumumkan penguncian selama seminggu setelah peningkatan kasus di sana membanjiri sistem perawatan kesehatan.

"Jika kita tidak memberlakukan penguncian sekarang, kita mungkin menghadapi bencana yang lebih besar," kata Kepala Menteri Delhi Arvind Kejriwal.

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Tidak sepenuhnya jelas mengapa lonjakan kasu ini terjadi di India, tetapi kemungkinan besar karena acara-acara ramai yang diselenggarakan menjelang pemilihan umum.

Kelompok besar dan pertemuan sosial selama festival keagamaan juga telah berperan, serta pembukaan kembali ruang publik dan pelonggaran tindakan lockdown yang berlangsung secara bertahap sepanjang tahun 2020 dengan "pembukaan kunci" terakhir pembatasan yang terjadi pada Desember 2020.

Ada juga banyak kekhawatiran tentang munculnya varian baru virus korona di India. Diperkirakan strain dominan di negara itu sekarang adalah varian yang pertama kali diidentifikasi di Inggris, dan yang telah terbukti hingga 60 persen lebih dapat ditularkan di antara manusia.

Pada 25 Maret, diumumkan lebih lanjut bahwa varian mutasi ganda baru telah terdeteksi di India, yang sekarang dikenal sebagai "varian India". Perkembangan inilah yang membuat negara-negara lain ketakutan.

Pihak berwenang India menganggap varian baru ini belum menjadi jenis COVID yang dominan di negara tersebut, tetapi kemungkinan akan berkontribusi pada peningkatan jumlah. Berikut penjelasan mutasi ganda tersebut.

Mutasi E484Q

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

Ini mirip dengan mutasi E484K yang diidentifikasi pada varian Brasil dan Afrika Selatan, yang juga telah dilaporkan dalam beberapa bulan terakhir. Kekhawatirannya adalah mutasi ini dapat mengubah bagian protein lonjakan virus corona. Protein lonjakan membentuk bagian dari lapisan luar virus corona dan yang digunakan virus untuk melakukan kontak dengan sel manusia.

Respons imun yang dirangsang oleh vaksin menciptakan antibodi yang secara spesifik menargetkan lonjakan protein virus. Oleh karena itu, kekhawatirannya adalah jika mutasi mengubah bentuk protein lonjakan secara signifikan, maka antibodi mungkin tidak dapat mengenali dan menetralkan virus secara efektif, bahkan pada mereka yang telah divaksinasi. Para ilmuwan sedang memeriksa apakah ini mungkin juga kasus mutasi E484Q.

Mutasi L452R

Mutasi ini juga telah ditemukan pada varian yang dianggap bertanggung jawab atas wabah di California. Varian ini dianggap meningkatkan kemampuan protein lonjakan untuk mengikat sel inang manusia, sehingga meningkatkan infektivitasnya.

Sebuah penelitian tentang mutasi juga menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu virus menghindari antibodi penetral yang dapat dihasilkan oleh vaksin dan infeksi sebelumnya, meskipun hal ini masih dalam pemeriksaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya