7 Tips Menjaga Kesehatan Mata dan Kurangi Risiko Penyakit

Mata
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Mata adalah salah satu bagian terpenting dari wajah kita. Kebanyakan dari kita sering meremehkan nilai mata dan tidak merawatnya dengan benar. Akibatnya mulai muncul berbagai masalah mata seperti glaukoma, katarak, dan lainnya.

Kenapa Puasa Malah Bikin Lemas? Ahli Ungkap Kesalahan Fatal Ini Saat Berpuasa

Tapi kita harus menjaga mata kita dan melakukan check up setiap enam bulan untuk melihat semuanya baik-baik saja. Nah, berikut beberapa tips untuk memberikan kesehatan mata yang optimal, dikutip dari Pinkvilla.

Diet sehat

3 Olahraga yang Disunnahkan Rasulullah Berikut Manfaatnya untuk Tubuh

Photo :
  • Times of India

Pastikan Anda menjalani diet sehat setiap hari. Sertakan protein, sayuran, antioksidan, buah-buahan dalam makanan Anda. Ikan berlemak seperti salmon mengandung omega-3 yang meningkatkan kesehatan mata Anda.

5 Tips Diet untuk Penderita Maag, GERD, dan Asam Lambung

Mata gatal

Kita sering sering menggosok mata untuk menghilangkan rasa gatal sementara. Tapi itu sebenarnya merusak mata kita karena sangat sensitif dan memperburuk infeksi. 

Jadi, Anda cukup mengoleskan kain lembab dan bersih pada mata selama beberapa waktu. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter mata untuk mendapatkan setetes untuk masalah ini.

Untuk lensa kontak

Jika Anda memakai lensa, maka cuci tangan Anda sebelum memakai lensa atau mengeluarkannya karena mungkin ada bakteri di telapak tangan yang dapat menyebabkan masalah serius pada mata Anda. Jadi, selalu jaga kebersihan tangan Anda.

Berolahraga setiap hari

Photo :
  • Instagram nooresport

Olahraga teratur mengeluarkan racun dari mata dan menjaganya tetap sehat. Ini juga mengurangi risiko masalah mata yang umum.

Tetap aman dari sinar matahari

Saat pergi keluar, kenakan selalu kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya. Tetapi Anda harus memiliki kacamata hitam berkualitas baik dari toko optik yang tepat.

Tetap terhidrasi

Minumlah lebih banyak air untuk menjaga mata Anda tetap terhidrasi dan mengurangi risiko penyakit mata.

Batasi eksposur ke layar

Batasi eksposur mata Anda ke layar. Terus-menerus duduk di depan komputer, ponsel, laptop, dan tab bisa membuat mata Anda kering. Jadi, selalu duduk menjaga jarak antara Anda dan layar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya