Kenali Tanda dan Gejala COVID-19 Telah Mengenai Paru-paru 

Sesak napas karena COVID-19
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Gelombang kedua dari virus corona berdampak pada orang-orang yang lebih muda secara lebih mendalam. Dari apa yang semakin banyak disaksikan, virus semakin kuat dalam pendekatannya dan menyerang organ-organ vital, dan bagi banyak orang, itu dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Infeksi paru-paru dan kerusakan paru, misalnya, semakin terlihat dan membuat orang sangat membutuhkan dukungan penting, termasuk terapi oksigen. Sesuai temuan yang diamati di India dan di luar, strain mutan SARS-COV-2 dapat menyebabkan hingga 25% kerusakan paru-paru pada pasien bahkan di hari-hari tanpa gejala.

Tingkat kerusakan yang disebabkan oleh varian yang lebih baru - mutan ganda, atau galur mutan rangkap tiga yang baru ditemukan juga memicu infeksi parah. Bahkan bagi mereka yang dites negatif dengan gejala, CT scan dan dada mengungkapkan temuan yang mengejutkan. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Menurut dokter, dibandingkan dengan gelombang pertama pandemi, infeksi sekarang berubah menjadi buruk dari ringan dengan cepat, dan dalam banyak kasus, perkembangan penyakit paru-paru terlihat dari hari ke-2 atau ke-3, menyiratkan bahwa tanpa perhatian yang tepat, kasus dapat dengan cepat berubah. buruk dan membutuhkan rawat inap. 

Photo :
  • Times of India
PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Apa yang juga sedang dilihat saat ini adalah bahwa komplikasi paru sebagian besar terlihat pada pasien yang lebih muda, di bawah usia 45 tahun yang melaporkan adanya infeksi dini. Bahaya paling kritis juga dapat menghilang ketika virus mulai menyebabkan kerusakan paru dan pernapasan 

Oleh karena itu, sangat penting, dokter merasa bahwa pasien COVID-19 tidak meremehkan gejala dan mulai melacak perubahan sejak dini. Berikut adalah beberapa tanda dan gejala yang harus diwaspadai jika Anda terinfeksi saat ini, sesuai penelitian sebelumnya yang diterbitkan oleh studi John Hopkins Medicine, dikutip dari Times of India.

Sesak napas yang disebabkan oleh kekurangan oksigen bisa jadi sulit untuk diatasi. Ini bisa terjadi ketika virus mulai menyebar dengan cepat dan menghalangi jalan masuk darah beroksigen ke paru-paru. Hal ini selanjutnya menyebabkan kadar oksigen turun, dan menyebabkan masalah pernapasan. 

Apa yang juga dilihat oleh dokter saat ini adalah bahwa virus mutan meluncurkan serangan tajam dan menyebabkan fluktuasi oksigen yang besar. Kadar SP02 tercatat antara 70-80, bahkan untuk pasien sehat tanpa masalah yang sudah ada sebelumnya, yang sangat berbahaya. Kekurangan oksigen yang ekstrim juga dapat menyebabkan hipoksia.

Pneumonia COVID tetap menjadi salah satu komplikasi yang paling ditakuti. Ketika seseorang terinfeksi oleh virus, itu merusak dan menyumbat dinding paru-paru dan menurunkan suplai darah ke organ-organ. 

Dalam situasi seperti itu, tubuh dipaksa untuk mengimbangi defisit dan meningkatkan asupan oksigen. Saat kantung udara rusak, ada masuknya cairan yang sebagian besar merupakan sel dan protein yang meradang dan penumpukan cairan ini menyebabkan pneumonia. 

Hal ini dikenal sebagai Sindrom Gangguan Pernafasan Akut (ARDS), yang kemudian menyebabkan pneumonia ketika fungsi paru-paru terganggu. Apa yang sebelumnya disaksikan pada tahap selanjutnya dari infeksi sekarang terlihat pada tahap awal yang baru lahir dan menyebabkan komplikasi. Penurunan gejala dan demam yang terus mereda (di atas 99 derajat Fahrenheit) biasanya merupakan tanda-tanda yang sama.

Photo :
  • Times of India

Meskipun virus dapat menyebabkan sebagian besar komplikasi pada saluran pernapasan dan paru-paru, peradangan yang meluas, kesulitan bernapas, dan kekurangan oksigen dapat menyebabkan nyeri dada dan kerusakan paru-paru yang mematikan.

Batuk biasanya merupakan salah satu yang pertama, dan mungkin merupakan tanda klasik tertular virus SARS-COV-2. Pada infeksi sedang hingga parah, virus juga dapat menyebabkan banyak peradangan dan penyumbatan, yang selanjutnya dapat mengganggu fungsi vital dan memicu batuk terus-menerus dan keras. Batuk pada COVID-19 umumnya terasa keras, dapat mengiritasi tenggorokan Anda dan dianggap bersifat kering (tidak menghasilkan dahak)

Virus juga dapat memengaruhi aliran darah ke seluruh tubuh, yang selanjutnya dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan banyak penggumpalan. Stadium sepsis yang ringan juga dapat terjadi ketika infeksi menyebar melalui aliran darah dan menyebabkan kerusakan jaringan yang luas. 

Badai sitokin, semacam reaksi autoimun yang dihasilkan dalam tubuh juga bisa menimbulkan masalah. Ingatlah untuk terus melacak tanda vital Anda, termasuk pembacaan oksigen dan kebiasaan berlatih yang dapat membantu mengelola masalah pernapasan dan pernapasan dengan lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya