Dr Zaidul Akbar: Pagi-pagi Jangan Konsumsi 2 Makanan Ini, Bahaya!

Ilustrasi sarapan
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA – Makan di pagi hari atau sarapan sangat bermanfaat untuk memberikan energi sebagai bekal menjalani aktivitas seharian. Oleh karena itu, pemilihan jenis makanan harus tepat dan tidak boleh sembarangan. 

Sahur Berlemak? Awas, Bahaya Tersembunyi Mengintai!

Dokter Zaidul Akbar menjelaskan, beberapa jenis lemak yang baik dikonsumsi di pagi hari, salah satunya adalah buah alpukat. Bahkan, dia menyebut, alpukat adalah pilihan yang paling bagus. 

"Jadi alpukat itu jangan beli yang dijus-jus itu. Kalau mau beli itu, bawa madu dalam tas. Jadi nanti pemanisnya pakai madu kalau gak kurma," ujarnya dalam sebuah video yang diunggah di Instagram @sehat.berkah, dikutip VIVA, Selasa 11 Mei 2021. 

Sarapan Karbohidrat Olahan Bikin Wajahmu Terlihat Tua? Ini Kata Studi Terbaru!

Dokter Zaidul menambahkan, makanan lain yang mengandung lemak baik adalah Virgin Coconut Oil (VCO). Selain itu, minyak zaitun juga tergolong salah satu minyak yang paling bagus, karena mengandung asam lemak tak jenuh yang baik dikonsumsi setiap hari. 

"Jadi kalau teman-teman mulai biasakan malam juga menjelang tidur atau pagi-pagi minum zaitun satu sendok, gak papa. Kalau gak bisa minum yang pakai sendok, yang kapsul juga gak papa. Itu beberapa lemak yang bisa kita konsumsi. Bukan berasal dari lemak-lemak yang digoreng," kata dia. 

Terapkan Pola 5210 untuk Atasi Obesitas, Wajib Coba!

Lebih lanjut, Zaidul menyarankan untuk menghindari makanan-makanan yang diolah dengan minyak. Terutama saat di pagi hari. 

"Pagi-pagi saran saya, jangan lagi makan-makanan yang berminyak. Semua yang berminyak, digoreng, pagi-pagi jangan lagi. Contohnya apa? Ya gorengan. Nasi goreng apalagi. Nasinya sudah tinggi gulanya ditambah dengan minyak. Lengket di usus," tuturnya. 

Kemudian, menurut Zaidul Akbar, makanan atau minuman kedua yang harus dihindari konsumsinya di pagi hari adalah produk yang tinggi akan gula pasir. 

"Ini tips sederhana, tapi kalau teman-teman ikuti, menang banyak kita. Jadi pagi-pagi kalau Anda pengin minum kopi silakan. Tapi jangan pakai gula. Dan jangan kopi sachet. Kopinya kopi bubuk. Minum kopi pagi-pagi bisa, dia termasuk pembakar lemak juga," imbuh dr. Zaidul Akbar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya