Ini yang Akan Terjadi Jika Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Fast food
Sumber :
  • medicalnewstoday

VIVA – Istilah “makanan cepat saji” atau fast food umumnya mengacu pada makanan yang ingin dikonsumsi orang dengan cepat, baik di dalam maupun di luar tempat. Ada banyak bukti yang telah diteliti dengan baik yang menunjukkan berbagai efek kesehatan negatif dari makan dan makan makanan cepat saji berlebihan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Sahur Berlemak? Awas, Bahaya Tersembunyi Mengintai!

Banyak perusahaan makanan cepat saji sekarang mencantumkan jumlah kalori yang dikandung setiap itemnya. Namun, ini hanya sebagian dari pertimbangan apakah sehat atau tidak. Makanan cepat saji biasanya sangat miskin dalam hal nutrisi. 

Menurut studi di jurnal Health Promotion PerspectivesTrusted Source, makanan cepat saji cenderung mengandung berbagai zat yang umumnya tidak sehat. Ini tinggi gula, garam, dan lemak jenuh atau trans, serta banyak pengawet dan bahan olahan. Ini juga rendah nutrisi bermanfaat.

Sama-sama Atasi Obesitas, Apa Perbedaan Operasi Bariatrik dan Balon Lambung?

Tidak semua makanan cepat saji itu buruk, dan seseorang dapat membuat pilihan berdasarkan informasi dengan melakukan penelitian untuk mengetahui kandungan gizi dari makanan cepat saji tertentu, demikian dikutip dari medicalnewstoday

Namun, makanan cepat saji yang lebih sehat pun umumnya tinggi gula, garam, lemak jenuh, dan lemak trans. The Office of Disease Prevention and Health PromotionTrusted Source mencatat bahwa orang biasa di Amerika Serikat mengonsumsi terlalu banyak makanan cepat saji.

Terungkap, Ini Manfaat Bakal Diterapkannya Cukai Minuman Berpemanis dalam Kemasan

Dampak jangka pendek

Makan makanan cepat saji secara teratur dapat menimbulkan berbagai konsekuensi kesehatan.
Karena makanan cepat saji biasanya tinggi gula, garam, dan lemak jenuh atau lemak trans, melihat efek jangka pendek dari nutrisi ini dapat membantu menentukan apa yang terjadi dalam jangka pendek ketika seseorang makan makanan cepat saji.

Hasil penelitian kecil di jurnal Nutrition Research and PracticeTrusted Sources menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dengan lebih banyak gula sebagai makanan pertama hari itu dapat membuat seseorang merasa lebih lapar pada makanan berikutnya daripada jika mereka makan makanan rendah gula.

Dokter, ahli diet, dan ahli kesehatan lainnya percaya bahwa ini karena makanan manis lebih buruk dalam memberikan rasa kenyang, atau rasa kenyang. Selain itu, makanan tinggi karbohidrat meningkatkan permintaan tubuh akan insulin, yang juga meningkatkan rasa lapar dalam waktu yang lebih singkat setelah makan.

Para ahli percaya bahwa semakin lapar seseorang sebelum makan berikutnya, semakin besar kemungkinan mereka makan lebih banyak kalori daripada yang diperlukan.

Sebuah studi kecil di Journal of HypertensionTrusted Source menemukan bahwa mengonsumsi garam tingkat tinggi dapat berdampak langsung pada berfungsinya pembuluh darah seseorang. Asupan natrium berlebih juga memiliki kaitan dengan retensi cairan.

Makanan cepat saji juga sering kali sangat sedikit buah dan sayuran segar, yang menyulitkan orang untuk mencapai asupan harian yang direkomendasikan minimal 5 porsi. Mungkin juga sulit bagi mereka untuk mencapai asupan serat ideal, yaitu setidaknya 25 gram per hari.

Makanan cepat saji sangat enak, artinya sangat cepat terurai di mulut, tidak perlu banyak dikunyah, dan mengaktifkan pusat penghargaan di otak dengan cepat.

Kombinasi ini melatih langit-langit untuk memilih makanan yang diproses dengan sangat baik dan sangat merangsang ini. Ini mengurangi keinginan seseorang untuk makanan segar dan utuh.

Penelitian dari 2018Trusted Source dan penelitian sebelumnya lainnya menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi makanan cepat saji dan kejadian kecanduan makanan untuk makanan bergizi rendah ini.

Dampak jangka panjang

Photo :
  • Times of India

Studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan cepat saji dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko asma. Ada banyak bukti penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan cepat saji secara teratur dapat membahayakan kesehatan seseorang.

Ini karena sebagian besar makanan cepat saji tinggi gula, garam, lemak jenuh dan lemak trans, bahan olahan, dan kalori, serta rendah antioksidan, serat, dan banyak nutrisi lainnya.

Banyak makanan cepat saji yang sangat rendah serat. Diet rendah serat dikaitkan dengan risiko kondisi pencernaan yang lebih tinggi seperti sembelit dan penyakit divertikular, serta pengurangan bakteri usus yang sehat.

Sebuah studi di jurnal Health Promotion PerspectivesTrusted Source mengidentifikasi efek yang terkadang tidak dapat diperbaiki dari makan makanan cepat saji pada kesehatan seseorang. Risiko tersebut termasuk obesitas, resistensi insulin, diabetes tipe 2, dan berbagai kondisi kardiovaskular.

Sebuah studi di Nutrition JournalTrusted Source berfokus pada efek diet Barat pada sistem kekebalan seseorang. Ini adalah diet yang terdiri dari gula, garam, dan lemak jenuh dalam jumlah tinggi hanya dari beberapa sumber.

Makalah penelitian mengklaim bahwa diet Barat dapat menyebabkan peradangan yang lebih tinggi, pengendalian infeksi yang lebih rendah, tingkat kanker yang lebih tinggi, dan risiko alergi dan penyakit autoinflamasi yang lebih tinggi.

Sebuah studi di jurnal Thorax menemukan hubungan antara konsumsi makanan cepat saji pada remaja dan anak-anak dengan peningkatan asma, rinokonjungtivitis, dan eksim.

Sebuah studi di jurnal Appetite juga menunjukkan bahwa ada hubungan sebab akibat antara diet tinggi lemak jenuh dan karbohidrat sederhana, tipikal makanan cepat saji, dan kapasitas memori yang lebih rendah. Pola makan seperti ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Sumber Tepercaya Food and Drug Administration (FDA) menyarankan bahwa diet tinggi garam sering kali meningkatkan tekanan darah seseorang, yang berarti seseorang lebih mungkin mengalami serangan jantung, stroke, penyakit ginjal, atau penyakit jantung.

The FDATrusted Source juga mencatat bahwa diet tinggi lemak trans meningkatkan jumlah lipoprotein densitas rendah, atau kolesterol "jahat", dan menurunkan jumlah lipoprotein densitas tinggi, atau kolesterol "baik". Ini berarti seseorang lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung.

Koalisi Tindakan Obesitas menunjukkan bahwa makanan cepat saji khas mengandung jumlah kalori yang sangat tinggi. Jika seseorang makan lebih banyak kalori daripada yang mereka bakar setiap hari, mereka akan menambah berat badan, yang dapat menyebabkan obesitas.

Photo :
  • U-Report

Menurut Sumber Tepercaya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), obesitas meningkatkan risiko seseorang mengembangkan berbagai kondisi kesehatan yang serius. Konsekuensi lain dari orang muda yang rutin makan makanan cepat saji adalah kurangnya pemahaman mereka tentang persiapan makanan pokok, memasak, dan makan sehat.

Seiring waktu, hal ini membuat ketergantungan pada makanan cepat saji, dan orang mungkin tidak belajar bagaimana menyiapkan makanan yang sehat dan seimbang di rumah. Mengkonsumsi makanan seperti itu dapat mendukung kesehatan jangka panjang seseorang sepanjang hidupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya