5 Tips Sederhana untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah/hipertensi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Tekanan darah adalah kekuatan yang digunakan jantung untuk memompa darah ke berbagai bagian tubuh. Tekanan darah orang dewasa normal didefinisikan sebagai tekanan darah sistolik 120 mm Hg, dan tekanan darah diastolik 80 mm Hg. 

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Nilai tekanan sistolik menunjukkan tekanan di arteri saat jantung berdetak. Nilai tekanan diastolik, di sisi lain, menunjukkan tekanan di arteri di antara detak jantung. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil langkah pencegahan yang memadai untuk menghindari fluktuasi tekanan darah yang dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan.

Untuk membantu Anda melakukan hal yang sama, kami memiliki panduan ahli gizi Munmun Garewal untuk mengatasi tekanan darah tinggi, dikutip dari indianexpress

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

Makan garam yang tepat

Photo :
  • U-Report
Profil Yoon Sung Bin, Atlet yang Dirumorkan Jadi Pacar Baru Jihyo TWICE

Gunakan garam murni (garam merah muda Himalaya) / garam hitam / garam batu untuk keseimbangan yang sangat baik antara natrium dan kalium yang disediakannya. Garam putih beryodium hanya menghasilkan natrium, dan tidak mengandung kalium.

Hindari makanan kemasan, olahan, dan industri

Mereka mengurangi kemampuan tubuh kita untuk menyerap dan mengasimilasi nutrisi. Makanan ini mempengaruhi rasio natrium: kalium dan keseimbangan air, yang pada gilirannya berdampak negatif pada tekanan darah.

Makan acar buatan sendiri

Acar tradisional buatan rumah memiliki jenis bakteri hidup yang tepat yang dapat berperan penting dalam menurunkan tekanan darah. Begitu pula papad memiliki manfaat tersendiri. 

Mereka dibuat dengan berbagai lentil / dal (biasanya kaya protein) dan berbagai rempah-rempah seperti lada hitam dan jinten. Rempah-rempah menambah kualitas terapeutik pada papad.

Tidur cukup

Photo :
  • U-Report

Untuk menjaga tekanan darah tetap sehat dan terhindar dari penyakit gaya hidup lainnya, berikan tubuh istirahat dan tidur yang cukup (disarankan 6-8 jam kualitas tidur yang baik). Selain itu, perlu diperhatikan bahwa mengatur waktu tidur dan bangun sama pentingnya dengan kuantitas tidur.

Latihan holistik

Jalan kaki mungkin merupakan langkah awal yang bagus untuk menjaga tekanan darah tetap normal, tetapi itu tentu saja tidak cukup. 

“Regimen olahraga holistik yang mencakup kardio, latihan kekuatan, dan yoga akan sangat membantu dalam mencegah kebutuhan akan obat-obatan tekanan darah,” kata Garewal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya