Takut Makan Malam karena Bisa Bikin Gemuk? Cek Faktanya!

Ilustrasi memasak dan memanaskan makanan.
Sumber :
  • Pexels/Martin Lopez

VIVA – Banyak orang memiliki keyakinan, bahwa makan di malam hari bisa bikin gemuk. Tak heran, aktivitas makan malam selalu dihindari oleh mereka yang sedang berdiet dan ingin menjaga berat badannya tetap ideal.

Terpopuler: Waktu yang Tepat untuk Makan Malam, Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia

Namun, benarkah makan malam bisa bikin gemuk? Mitos atau fakta? Yuk simak jawabannya. 

Seringkali, makan sebelum tidur dikaitkan menjadi penyebab lonjakan berat badan. Perlu diketahui, proses metabolisme dalam tubuh menjadi lebih lambat ketika seseorang tertidur sehingga kalori makanan akan disimpan seagai lemak. 

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

Meski demikian, beberapa ahli kesehatan justru mengatakan, makan malam sebelum tidur justru bisa meningkatkan kualitas tidur dan membantu menurunkan berat badan. 

Tetapi faktanya, belum ada hasil penelitian yang bisa buktikan kedua pemahaman tersebut. peneliti Norwestern University bahkan menemukan bahwa makan di malam hari bisa meningkatkan berat badan dua kali lipat. Penelitian tersebut telah diuji coba pada tikus. Akan tetapi, penelitian tentang makan malam bisa meningkatkan berat badan masih belum bisa dibuktikan. 

Mitos atau Fakta: Makan Malam Sebelum Tidur Bikin Gemuk?

Waktu Tepat Makan Malam
 Meski anggapan makan malam bikin gemuk, tetapi perlu diketahui, makan di malam hari tak akan membuat lonjakan berat badan menggila, asal kamu tahu kapan waktu yang pas untuk makan malam. Gak cuma itu, jenis makanan yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan. 

Jika sangat ingin makan malam, makanan yang dikonsumsi haruslah makanan sehat, sehingga risiko kenaikan berat badan bisa dikendalikan. Tetapi, jika yang dikonsumsi adalah makanan tak sehat serta langsung tidur setelah makan, ini yang bahaya. Bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti asam lambung, kenaikan berat badan hingga insomnia. 

Kenali Manfaat Makan Sebelum Tidur

Gak selamanya anggapan makan malam sebelum tidur bikin gemuk. Bagi sebagian orang, makan malam sebelum tidur justru bisa memberikan manfaat. Berikut manfaat makan malam sebelum tidur yang perlu diketahui: 

1. Menurunkan Berat Badan
Sejumlah penelitian mengungkap, makan sebelum idur bisa bantu turunkan berat badan. Jika kalori yang dikonsumsi cukup banyak di malam hari, lalu ngemil setelah makan malam, maka bisa membantu mengendalikan untuk ngemil banyak di malam hari. 

Studi ini mengungkapkan, bahwa camilan setelah makan malam bisa bantu seseorang cepat merasa puas sehingga makan lebih sedikit dari seharusnya. 

2. Tidur Lebih Nyenyak

Informasi seputar manfaat makan malam sebelum tidur memang belum terlalu banyak. Tapi banyak yang meyakini, makan sebelum tidur bisa bantu seseorang tidur lebih nyenyak dan mencegah bangun pada malam hari akibat lapar. 

ini cukup masuk akal, karena makan sebelum tidur bisa bantu seseorang merasa kenyang di malam hari. Ingin tahu manfaat lainya tentang makan sebelum tidur, yuk klik tautan ini untuk info lebih lengkap. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya