8 Manfaat Olahraga Sepeda, Murah Bikin Bugar

Cabang olahraga balap sepeda
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Menjalankan kegiatan olahraga meski pandemi COVID-19 belum berakhir, tetap perlu dilakukan. Olahraga penting lantaran kondisi fisik yang aktif bisa jadi kunci bagi kesehatan tubuh. 

Rekomendasi 5 Sepeda Listrik 1 Jutaan Terbaik

Aktivitas fisik yang teratur dilakukan memiliki banyak manfaat, termasuk melindungin tubuh dari beragam penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, penyakit mental ingga obesitas. Gak perlu ke gym untuk rutin berolahraga, cukup dengan bersepeda, manfaatnya bisa dirasakan. 

Mengayuh sepeda, ternyata bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bahkan bisa jadi salah satu solusi tetap aktif di masa pandemi COVID-19. Aktivitas satu ini, bahkan bisa dilakukan siapa saja. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Bukan hanya meningkatkan kebugaram, olahraga sepeda juga bisa dijadikan sarana rekreasi hingga menyegarkan pikiran. Yuk ulas lebih jaug tentang manfaat olahraga sepeda untuk kesehatan. 

1. Kontrol Berat Badan
Jika ayah dan bunda ataupun para remaja memiliki berat badan berlebih, gak perlu diet ketat untuk menurunkan berat badan. Cukup rutin melakukan olahraga sepeda bisa bantu membakar lemak dalam tubuh. Namun perlu diingat, saat menjalani olahraga ini, tetap atur pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat sehingga kegiatan bersepeda yang dijalani rutin cepat membuahkan hasil. 

Pesepeda Top Dunia Bakal Panaskan Persaingan di Maybank Cycling Series Il Festino 2024

2. Kurangi Stres
Melakukan aktivitas olahraga bukan hanya sekedar meningkatkan kebugaran tapi bisa juga menjadi sarana rekreasi yang murah. Dengan demikian, buat ayah bunda yang haus akan liburan di tenga pandemi tanpa was-was penularan virus, bisa menjadikan olahraga sepeda menjadi pilihan kegiatan sehat yang rutin dilakukan. Selain menyehatkan, bersepeda juga bisa mengurangi stres karena tak perlu memikirkan banyak biaya untuk refreshing. 

Photo :
  • Freepik/prostooleh

3. Kurangi Risiko Kanker
Bersepeda juga memiliki manfaat mengurangi risiko penyakit kanker lho. Bersepeda untuk mereka yang sudah lanjut usia bahkan bisa mengurangi risiko terkena kanker paru-paru serta kanker kolorektal.

Photo :
  • VIVA/Dani

4. Meningkatkan Mood
Olahraga bukan semata untuk membuat tubuh bugar, tapi juga bisa menyegarkan fikiran serta meningkatkan mood. Apalagi jika kegiatan sepeda dilakukan di tengah udara yang sejuk melewati jalan dengan ditumbuhi pepohonan rindang. Cukup 30 menit saja per hari, kegiatan ini dijamin bikin suasana hati dan pikiran kamu lebih relaks. 

Photo :
  • Instagram/cristiano

Masih banyak lagi lho, manfaat olahraga sepeda lainnya. Yuk simak lebih jauh dengan klik tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya