Pria Tes Kehamilan Hasilnya Positif, Hati-hati Kena Kanker Testis

Test Pack
Sumber :
  • Pixabay/Publicdoaminpictures

VIVA – Lucinta Luna yang melakukan tes kehamilan dengan test pack dan menunjukkan hasil positif, memang benar adanya. Spesialis Urologi, dr. Agus Rizal A H Hamid, SpU(K), PhD, mengatakan, fenomena seperti itu memang bisa saja terjadi. 

dr Boyke Ngaku Diperlihatkan Mr P Punya Artis Usai Dipijat Jadi Besar, Ternyata Palsu

Tapi hati-hati, ternyata pria yang melakukan tes kehamilan dengan test pack dan hasilnya positif, berpotensi menderita kelainan pada testis atau buah zakar, yang mengarah pada kanker testis. 

"Karena sekitar 40 persen pasien dengan kanker testis itu, kadar hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) nya sangat tinggi. Dan itu bisa terdeteksi pada test pack, sudah banyak laporan-laporan di luar negeri yang menemukan hal tersebut," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Kamis 20 Mei 2021. 

Lihat Bagian Tubuh Ini Pada Pria, Ternyata Bisa Prediksi Ukuran Penisnya

Dokter Agus Rizal menambahkan, yang dikhawatirkan pada pria yang menunjukkan hasil positif saat melakukan tes kehamilan, bukanlah gangguan hormonal tapi kanker testis. 

"Ada satu laporan juga bahwa memang bisa ditemukan justru lebih cepat (kanker testis), karena ditemukan secara tidak sengaja ketika melakukan test pack," kata dia. 

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Agus Rizal lebih lanjut mengatakan, dalam dunia kedokteran sendiri tidak menyarankan pria untuk melakukan pemeriksaan dengan menggunakan test pack. 

"Karena memang test pack itu biasanya digunakan untuk tes kehamilan. Kemudian ada beberapa laporan, jadi para pria melakukan lelucon memeriksa test pack dan ternyata positif. Dan begitu diperiksa ditemukan adanya suatu kanker pada testis," tutur dia. 

Meski berpeluang terkena kanker testis, Agus Rizal mengingatkan, tidak hanya kanker testis saja yang mengintai, tapi juga jenis kanker lain. 

"Kan tidak hanya satu penyakit. Sel kanker testis hanya 30-40 persen yang menghasilkan hormon hCG. Ada beberapa kanker juga di tempat lain, contoh di paru-paru, itu juga bisa menghasilkan hormon hCG," tuturnya. 

Intinya adalah, menurut Agus Rizal, jika hasil test pack menunjukkan hasil positif, maka orang yang bersangkutan harus melakukan pemeriksaan secara mendetail. 

"Yang paling mudah dilihat adalah di testis, karena dapat dengan mudah dilakukan pemeriksaan mandiri. Laki-laki bisa memeriksa buah zakarnya sendiri. Kalaupun tidak ada harus kita lihat apakah ada di tempat lain," kata dia. 

"Jadi memang kadar hormon hCG yang sangat tinggi pada pria, kita harus curigai sebagai suatu kanker. Ada beberapa hal lain juga misalnya penggunaan dopping untuk atlet, itu juga bisa menjadi tanda kalau memang ditemukan positif, berarti akan dicek apakah dia menggunakan dopping atau tidak," ujar dr. Agus Rizal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya