Hipertensi Bisa Sebabkan Gagal Ginjal, Bagaimana Mencegahnya?

Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/rawpixel

VIVA – Hipertensi atau tekanan darah tinggi telah dikaitkan dengan penyebab kerusakan banyak organ tubuh, salah satunya ginjal. Darah tinggi bahkan dilaporkan dapat menjadi penyebab gagal ginjal yang harus diwaspadai. 

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

"Hipertensi tidak serta menyebabkan gagal ginjal, kecuali tekanan darahnya sangat tinggi itu bisa," kata spesialis penyakit dalam, dr. Ni Made Hustirini, SpPD-KGH dalam program Hidup Sehat TvOne, Selasa 25 Mei 2021. 

Lebih lanjut dijelaskan oleh Ni Made, tekanan darah yang dimaksud adalah tekanan darah yang mencapai 180/110.

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

"Itu bisa sebabkan gagal ginjal, mengalami penurunan fungsi ginjal," lanjut dia. 

Dijelaskan lebih lanjut lagi, orang dengan hipertensi dan gagal ginjal diketahui harus melakukan cuci darah seumur hidupnya. Lantaran fungsi ginjalnya yang sudah sangat rendah.

Kemenkes Khawatir Pembiayaan Penyakit Ginjal Meningkat Karena Hal Ini

"Penyakit ginjal kronik lima stadium, dimana stadium akhir itu disebut sebagai gagal ginjal, kalau pasien sudah masuk stadium ini kita tidak mungkin tidak bisa mengembalikan fungsi ginjal sampai ke normal dan dia harus membutuhkan topangan terapi yakni terapi pengganti ginjal," kata dia.

Dia menjelaskan lebih lanjut dialisis atau yang dikenal cuci darah itu merupakan kondisi dimana menggunakan tools lain sebagai ginjal buatan untuk menyaring darah seperti kerja ginjal.

Dimana kerja ginjal itu menyaring zat racun yang harusnya dibuang berlebih dalam darah yang harusnya dibuang tubuh itu tidak bisa dilakukan pasien gagal ginjal itu digantikan oleh proses dialisis.

"Kalau dia gagal ginjal dimana fungsi ginjalnya kurang dari 15 persen ginjal sudah tidak mampu menopang metabolisme sehari-hari itu akan memberikan beban yang besar untuk ginjal, untuk itu dia harus melakukam cuci darah," kata Ni Made menjelaskan.

Lantas bagaimana cara pencegahan agar orang yang telah memiliki hipertensi agar tidak mengalami gagal ginjal di kemudian hari? Terkait hal itu Ni Made menjelaskan agar masyarakat mulai menerapkan gaya hidup sehat dan yang terpenting adalah mengontrol tekanan darah.

"Diatur dietnya, diet sangat penting. Diet untuk hipertensi, harus mengurangi konsumsi garam, 2 gram garam sehari 1sdt kecil semua makanan dalam 24 jam," jelas dia.

Selain itu, Ni Made juga menyebut masyarakat harus banyak mengonsumsi vitamin mineral kalium kalsium magnesium tinggi yang bisa didapat di buah dan sayur. 

"Harus tinggi serat 6-8 porsi sehari. Kurangi lemak, pintar pilih protein jangan pilih daging yang banyak lemaknya," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya