Minum Jus Seledri Ampuh Turunkan Kolesterol, Begini Cara Buatnya

Jus seledri
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Selama ini, seledri lebih banyak dimanfaatkan sebagai penambah rasa dan aroma pada masakan. Atau, sering juga digunakan sebagai garnish atau pemanis tampilan sebuah sajian.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Tapi, sayuran berwarna hijau itu ternyata memiliki manfaat kesehatan yang tak main-main. Seledri diketahui ampuh menangkal kolesterol tubuh.

Caranya pun cukup mudah. Cukup diblender lalu dikonsumsi. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketikan mengolah seledri menjadi jus.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Menurut dokter spesialis gizi dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, seledri mengandung 90 persen air dan tinggi serat. Tapi, jika dimakan hanya sedikit, tidak akan memberikan manfaat untuk tubuh.

Meski belum banyak penelitiannya, namun dokter Juwalita mengatakan, satu penelitian kecil menyebutkan bahwa 10 gram seledri atau kira-kira 10 batang seledri yang diblender dengan 200 ml air, merupakan takaran yang dianjurkan untuk membuat jus.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

"Cuma rasanya gak enak, pahit dan ada aroma khasnya. Biasanya harus dicampur dengan bahan lainnya supaya rasanya lebih enak," kata dokter Juwalita dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Senin 31 Mei 2021.

Juwalita menganjurkan agar memilih bahan campuran yang bisa membantu khasiat seledri. Misalnya, buah nanas.

"Nanas dipotong-potong lalu diblender bareng. Rasanya akan lebih seger. Nanas juga menyumbang asupan serat," katanya menambahkan.

Tapi, perlukan menyaring jus seledri setelah diblender? Menurut dokter Juwalita, menyaring jus seledri justru bisa mengurangi kandungan seratnya. Meski demikian, jika tidak disaring akan sulit untuk diminum.

Karenanya, dokter Juwalita menganjurkan setelah diblender bisa disaring dahulu. Kemudian, hasil saringannya bisa diblender kembali dengan bahan lain yang bisa menambah rasa.

Karena fungsinya untuk menurunkan kolesterol, seledri pun bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, seledri kaya antioksidan serta kandungan flavonoid yan efeknya bisa membuat pembuluh darah lebih relaks dan tidak menyempit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya