Ini yang Harus Dimakan dan Dihindari Pasein COVID-19 Saat Pemulihan

Menu diet
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kita sedang dilanda gelombang kedua pandemi COVID-19 dan kali ini kembali dengan lebih banyak kasus dan mutasi yang mematikan. 

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Selagi Anda masih dalam masa pemulihan dan menjalani proses pemulihan, Praktisi Kesehatan dan Pelatih Nutrisi, Ekansha Wahi menyatakan tentang pentingnya diet dan nutrisi yang tepat selama fase pemulihan COVID-19, berikut yang harus diakukan mengatakan dikutip Pinkvilla:

Apa yang harus dimakan pasien COVID-19 dan apa yang harus dihindari selama pemulihan?

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Photo :
  • Times of India

Pasien yang pulih dari COVID-19 perlu menahan diri dari gula dan karbohidrat sederhana (yang terurai sebagai gula dalam tubuh kita).

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Diet padat nutrisi buatan sendiri diperlukan bagi mereka yang pulih dari COVID-19. Ini berarti mendapatkan bahan pembangun dari protein dan energi konstan dari karbohidrat kompleks bersih dan lemak baik. 

Tubuh perlu mendapatkan makanan kecil sepanjang hari agar proses pencernaan tetap lancar. Diet perlu mendukung sistem kekebalan tubuh kita untuk membantu selama pemulihan.

Sarapan

Sarapan harus padat nutrisi dan sehat. Oat yang direndam semalaman, puding chia hangat, bubur buatan sendiri yang hangat atau 1 butir telur penuh, bayam, dan setengah alpukat adalah pilihan sarapan yang baik untuk memberikan dorongan energi instan.

Makan siang

Beberapa pilihan padat nutrisi untuk makan siang adalah sup ayam atau sup miju-miju dengan sayuran hijau tua untuk menjaga diri terhidrasi dan mempercepat tingkat pemulihan. 

Anda juga dapat membuat kunyit, yang diresapi bawang putih jahe dalam santan atau poha dengan banyak sayuran atau chila yang dibuat dengan banyak sayuran dan yogurt.

Tambahan

Anda bisa makan semangkuk kecil buah beri, kacang-kacangan dan biji-bijian dengan sedikit kurma atau salad alpukat dan mentimun dengan lemon dan garam, atau makan buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin c alami seperti jeruk nipis, jeruk, jeruk bali, kiwi, mangga. , pepaya.

Anda juga dapat menambahkan seledri atau smoothie labu pahit ke dalam diet Anda. Labu pahit, seledri, setengah apel hijau, atau 7-8 blueberry dengan jahe lemon kunyit lada hitam harus dicampur. Ini dapat dikonsumsi setiap hari alternatif.

Makan malam

Untuk makan malam, makanlah sayuran kukus panggang seperti brokoli atau paprika bersama dengan salmon, atau khichadi ayurveda, atau sup kaldu tulang. Atau sepiring ubi jalar panggang dengan sayuran dan ayam panggang.

Tingkatkan asupan air 

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Air membantu mengangkut nutrisi dan senyawa dalam darah dan mengatur suhu tubuh Anda. Juga membantu dalam melepaskan dan membuang racun yang telah dibuat dalam tubuh karena virus dan obat-obatan.

Photo :
  • Pinkvilla

Beberapa tips untuk pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah:

- Periksa setiap beberapa jam dan tetap berhubungan dengan dokter.

- Berlatih latihan pernapasan setiap beberapa jam dan bermeditasi secara teratur untuk menenangkan pikiran karena COVID-19 adalah pertempuran kesehatan mental juga.

- Tingkatkan asupan air dan minum cairan seperti teh herbal.

- Ambil uap wajah biasa dengan setetes minyak kayu putih atau minyak pohon teh.

- Istirahat yang cukup dan tidur minimal 8 jam sehari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya