Dua Resep Ramuan Herbal Atasi Nyeri Akibat Rematik

Nyeri lutut.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena mengkonsumsi zat purin, secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat. Jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

penyakit asam urat umumnya mengenai sendi di jari, jari tangan, jari kaki, pergelangan kaki dan lutut.Ada beberapa faktor yang menyebabkan asam urat menjadi tinggi seperti mengonsumsi ikan laut, jeroan.

Faktor kedua, orang dengan berat badan tinggi dapat memicu asam urat. Hal ini lantaran orang dengan obesitas otomatis mengganggu metabolisme purin.

Penyanyi Bro Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Tentu saja, dengan adanya asam urat dapat mengganggu aktivitas keseharian lantaran rasa nyeri yang mengganggu. Namun masyarakat kini bisa menggunakan sejumlah tanaman herbal untuk meredakan rematik. Misalnya adalah biji adas dan kumis kucing.

"Menurut hasil penelitian biji adas memiliki kandungan analgesik yang bisa mengurangi gejala dari rematik. Sama seperti biji adas kumis kucing juga dapat meredakan nyeri dan peradangan karena rematik," kata ahli herbal dr. Rianti Maharani, M.Si dalam tayangan Hidup Sehat TvOne, Rabu 2 Juni 2021.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Selain itu, meniran kunyit asam juga diketahui dapat digunakan untuk meredakan rematik. Tidak hanya itu saja, meniran diketahui juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

"Meniran rumput liar selain untuk mengurangi peradangan, selain itu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kunyit anti inflamasi juga pereda nyeri termasuk pada persendian," tutur dia.

Berikut ini resep obat herbal untuk meredakan nyeri karena asam urat

Bahan-bahan:

- 1 jumpit biji adas
- 1 jumpit kumis kucing
- 1 jari atau dua ruas jari kunyit
- Sejumput meniran
- 1 liter air.

Cara membuat: rebus bahan di air mendidih selama 15 menit sampai air tersisa setengah.

"14 hari, Bisa kurangi gejala nyeri atau bengkak, 3x sehari. Air 1 liter rebus 15 menit sisa setengah dibagi 3 gelas. Pagi siang malam 1 gelas," kata dia.

Ramuan kedua: Wedangan untuk atasi gejala rematik

Bahan-bahan:
- Sejumput biji adas  
- jahe 1 jempol
- Temulawak anti nyeri peradangan 1 jempol
- Kencur sekitar 1 ruas jari
- Kayu manis 1 jari
- air 1 liter

Cara membuat: rebus semua bahan dengan api kecil selama 15 menit atau hingga tersisa 500 ml.

"Konsumsi 3 kali selama 14 hari evaluasi kalau tetap berlanjut hubungi dokter. Harus dengan pengawasan dokter meski dapat mudah dalam penggunaan harus rekomendasi dokter karena dikhawatirkan obat herbal konsumsi bersamaan dengan obat konvensional akan timbulkan efek sinergis atau kontradiktif," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya