Resep Tumeric Coffee ala dr. Zaidul Akbar, Bikin Awet Muda

dokter Zaidul Akbar.
Sumber :
  • YouTube dokter Zaidul Akbar

VIVA – Kopi menjadi salah satu minuman favorit di kalangan masyarakat. Tidak hanya nikmat dan hangat, kopi juga menjadi minuman untuk mengurangi rasa kantuk yang ampuh. Oleh karena itu, banyak orang yang ketagihan dan bahkan sulit meninggalkan kebiasaan minum kopi.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Namun, belum lama ini, dr. Zaidul Akbar membagikan resep turmeric coffee. Dilansir dari akun instagram resminya, dijelaskan oleh beliau, kopi dan kunyit diketahui merupakan salah satu sumber asam caffeic.

Dijelaskan, dr. Zaidul Akbar, asam caffeic (3,4-dihydroxy-cinnamic acid) adalah senyawa organik dan antioksidan kuat. Ini dapat ditemukan secara alami di berbagai macam tumbuhan.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Asam caffeic adalah sejenis polifenol, kelas mikronutrien yang dikenal karena sifat antioksidannya. Nutrisi tersebut diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya kemampuan antiradang, antikanker, dan antivirus. Ini dapat membantu meningkatkan kinerja atlet. dan, dianggap "penting" untuk kesehatan manusia.

Dijelaskan dr. Zaidul lebih lanjut, terlepas dari namanya, asam caffeic tidak berhubungan dengan kafein. Asam caffeic adalah antioksidan yang dikenal membantu mencegah oksidasi molekul lain di dalam tubuh. Oksidasi menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak sel. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan peradangan, penyakit jantung, atau bahkan kanker.

Ramalan Zodiak Sabtu 20 April 2024, Sagitarius: Hati-hati dengan Teman Dekat

Asam caffeic juga diklaim dapat mengurangi peradangan, mencegah kanker, mencegah toksisitas yang terkait dengan kemoterapi dan radiasi, mencegah diabetes, mencegah penuaan dini, mencegah penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Parkinson dan mengurangi kelelahan terkait olahraga

"Seperti antioksidan lainnya, asam caffeic dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan seiring bertambahnya usia. Sifat antioksidannya dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena kanker, penyakit jantung, dan penyakit usia lanjut lainnya, seperti penyakit Alzheimer . Selain itu, dapat membuat kulit tampak lebih muda dengan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari," tulis dr. Zaidul Akbar dalam akun instagramnya.

Berikut ini resep turmeric coffee seperti yang diunggah dr. Zaidul Akbar di akun instagramnya.

Bahan-bahan:

-Gula aren secukupnya
- 5 cm kunyit
- 1 sdt kopi
- air panas 100 cc

Cara membuat:

1. Haluskan kunyit lalu masukkan gula aren secukupnya lalu tambahkan 40 ml air panas dan seduh lima menit

2. Seduh 1 sdt kopi dengan air panas 100 cc

3. Tuangkan kopi yang sudah diseduh ke dalam air kunyit

"Resep diatas biar hangat bisa ditambahkan jahe yang sudah digeprek atau air jahe dan tambahkan madu / gula aren secukupnya," ujar dr. Zaidul Akbar menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya