Tes Antigen Elecsys, Diklaim Punya Sensitivitas 94,5 Persen

Rapid Test Antigen (ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Melakukan tes COVID-19 adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah seseorang terpapar virus corona atau tidak. Melalui tes COVID-19 ini juga menjadi salah satu bentuk memutus mata rantai penularan di masyarakat.

Salah satunya dengan tes antigen Elecsys yang tersedia di Siloam Hospital Group.  Swab antigen Elecsys merupakan metode tes antigen terbaru dengan performa tinggi yaitu dengan sensitivitas 94,5% dan spesifisitas 99,9% pada CT Value < 30 yang berarti mampu mendeteksi lebih akurat sampel dengan jumlah virus yang lebih rendah dibandingkan rapid antigen biasa.

"Swab antigen Elecsys yang berbasis laboratorium ini memiliki berbagai keunggulan, seperti harga karena pemeriksaan sampel dilakukan secara otomatis di dalam alat immunoassay cobas-Elecsys series sehingga pembacaan hasil lebih standar serta dapat digunakan untuk pengujian skala besar dengan jumlah sampel besar dan pelacakan kontak (contact tracing)," kata spesialis patologi klinik Siloam Hospitals Surabaya dr. Diane Lukito, Sp.PK dalam virtual conference, Kamis 3 Juni 2021.

Pengambilan sampel untuk tes ini dilakukan dengan cara usap nasofaring, yakni mengumpulkan cairan atau sampel dari bagian belakang hidung. Hasil swab antigen Elecsys menggambarkan kondisi saat pengambilan sampel.

"Hasil positif menunjukkan kemungkinan besar terinfeksi SARS-CoV-2, sedangkan hasil negatif tidak menyingkirkan kemungkinan terinfeksi SARS-CoV-2. Penilaian hasil didapatkan dengan melihat keadaan klinis pasien dan hasil pemeriksaan penunjang lain," kata Diane.

Di sisi lain, Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group Caroline Riady menjelaskan, melakukan tes merupakan langkah penting di masa pandemi karena semakin cepat seseorang teridentifikasi dan tertangani, semakin cepat pula wabah virus corona dapat ditanggulangi.

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan pilihan tes yang tersedia di jaringan rumah sakit kami dan platform Halodoc, seperti tes terbaru berbasis laboratorium swab antigen Elecsys untuk kesehatan dan keamanan bersama,” tuturnya.

Dijelaskannya, swab antigen Elecsys akan tersedia secara bertahap mulai Kamis 3 Juni 2021 di jaringan rumah sakit Siloam dan platform Halodoc (aplikasi dan website). Untuk swab antigen Elecsys tersedia dengan harga Rp299.000.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia
Jemaah calon haji naik pesawat untuk berangkat ke Tanah Suci di Arab Saudi (Foto ilustrasi)

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Kuota haji Kabupaten Tangerang meningkat 15 persen.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024