COVID-19 Mengintai Usai Lebaran, 3 Herbal Ini Ampuh Jaga Imun

Ilustrasi obat herbal.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Libur Lebaran telah usai dan kini saatnya kembali bekerja, bersekolah dan beraktivitas kembali. Untuk memulai rutinitas seusai libur panjang, penting untuk melengkapi diri dengan sistem kekebalan tubuh yang optimal. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Apalagi dengan adanya ancaman lonjakan penyebaran COVID-19 yang cukup signifikan pasca liburan. Salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi imunomodulator alami.

Imunomodulator adalah senyawa yang berfungsi memodifikasi respons imun dan mengaktifkan mekanisme pertahanan tubuh, sehingga tubuh lebih kuat melawan virus, bakteri, jamur dan mikroorganisme lain penyebab penyakit.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

“Meskipun peran imunomodulator sangat penting dalam memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh, namun pemahaman masyarakat Indonesia akan senyawa ini masih rendah. Berdasarkan hasil survei masyarakat Indonesia terutama di kalangan ibu, pengetahuan dan kesadaran terkait senyawa imunomodulator sangat rendah," ujar Chief Business Development and R&D PT Deltomed Laboratories, apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc., dalam keterangan pers, Imugard.

Berdasarkan hasil survei Imugard dengan komunitas moms, sebesar 42 persen kalangan ibu di Indonesia belum mengetahui apa itu senyawa imunomodulator. Bahkan 48 persen kalangan ibu tidak tahu bahwa senyawa imunomodulator dapat diperoleh dari herbal asli Indonesia.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Agar lebih memahami jenis herbal tepat yang berfungsi menjaga imunitas, berikut ini merupakan 3 herbal asli Indonesia yang berkhasiat sebagai imunomodulator alami.

Meniran
Meniran atau Phyllanthus niruri adalah tanaman herbal yang banyak ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Khasiat meniran dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan sudah dipercaya sejak dahulu.

Tumbuhan ini bersifat imunostimulan, yaitu meningkatkan respon imun terhadap penyakit atau infeksi.

Oleh karena itu, meniran sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi meniran karena aman untuk pemakaian jangka panjang.

Daun Kelor
Daun kelor atau Moringa oleifera adalah tumbuhan yang cukup populer di kalangan pencinta kuliner. Tumbuhan herbal ini dapat diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari sup bening daun kelor, telur dadar daun kelor, gorengan daun kelor, hingga jamu daun kelor.

Tak hanya nikmat, daun kelor juga kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk memelihara daya tahan tubuh. Nutrisi dan asam amino yang terkandung dalam daun kelor antara lain kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zinc, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam folat dan biotin.

Kunyit
Kunyit atau Curcuma domestica adalah rempah yang sangat populer di kalangan ibu rumah tangga. Selain berfungsi menambah kelezatan suatu masakan, zat aktif utama curcumin dalam kunyit sangat bermanfaat memelihara dan memperbaiki sistem pencernaan.

Kunyit juga bersifat imunostimulan dan anti-radang . Kunyit merupakan golongan herbal sehingga pemakaian kunyit dalam jangka panjang juga tergolong aman.

Meski terbukti khasiatnya, ketiga herbal tersebut harus diolah dengan baik dan higienis, sehingga membutuhkan proses yang panjang untuk menjaga khasiat dan zat-zat aktif di dalamnya.

Nyatanya, banyak masyarakat Indonesia yang enggan mengolah dan mengonsumsi herbal karena alasan kepraktisan. Berdasarkan survei kalangan ibu di Indonesia, sebanyak 61 persen ibu kurang suka mengolah herbal karena merepotkan.

“Sinergi dari 3 kandungan herbal Imugard tersebut sangat baik untuk meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh, karena selain dapat meningkatkan imunitas, Imugard juga kaya akan nutrisi," ujar Brand Manager Imugard, apt. Agie Avionico Gaudart, S. Farm. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya