6 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Agar Terhindar dari Stres

Ilustrasi wanita sedang stres
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dokter dan ahli diet belajar lebih banyak tentang bagaimana sifat nutrisi dari makanan yang kita konsumsi memengaruhi kesehatan mental kita. Ada hubungan yang kuat dan signifikan antara otak dan perut.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Ketika nutrisi penting tidak cukup dapat diakses, ada dampak langsung pada aktivitas neurotransmiter dan kimia otak, yang dapat meningkatkan perilaku yang diinduksi kecemasan. 

Berikut adalah beberapa buah dan sayuran yang dapat membantu untuk menenangkan kecemasan dan stres, dikutip dari Pinkvilla.

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Alpukat

Photo :
  • U-Report
Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Vitamin B6 membantu produksi banyak neurotransmiter, termasuk serotonin, yang memengaruhi suasana hati. Alpukat kaya akan vitamin B yang menghilangkan stres dan lemak sehat untuk jantung, yang dapat membantu mengurangi kecemasan. 

Ini juga telah dikaitkan dengan memori, membantu pelebaran pembuluh darah, dan dibutuhkan untuk produksi sel darah merah. Karena vitamin E larut dalam lemak, vitamin E hanya dapat ditemukan dalam makanan tinggi lemak seperti kacang-kacangan dan alpukat.

Irisan alpukat dapat ditambahkan ke telur dadar, salad, dan bahkan untuk meningkatkan serat dan lemak sehat dalam diet Anda.

Bluberi

Ketika kita gugup atau depresi, tubuh kita membutuhkan vitamin C untuk memperbaiki dan melindungi sel-sel kita dan blueberry kaya akan vitamin C. Buah ini kaya akan antioksidan flavonoid, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan neuroprotektif. Mereka dapat membantu dalam pengurangan peradangan terkait stres dan pencegahan kerusakan sel terkait stres.

Brokoli

Photo :
  • U-Report

Sayuran cruciferous, seperti brokoli terkenal akan manfaat kesehatannya. Diet tinggi sayuran silangan dapat mengurangi risiko kanker tertentu, penyakit jantung, dan gangguan kesehatan mental seperti depresi. 

Brokoli adalah salah satu sumber makanan yang paling terkonsentrasi nutrisi tertentu, seperti magnesium, vitamin C, dan folat, yang telah terbukti membantu dengan gejala depresi.

Bayam

Photo :
  • U-Report

Dengan kandungan magnesiumnya yang tinggi, hijau berdaun gelap ini membantu menghilangkan sakit kepala dan kelelahan, yang selanjutnya menambah efek fisik dari stres pada tubuh. 

Bayam, seperti sayuran berdaun hijau lainnya, kaya akan folat, nutrisi yang membantu tubuh mengatur suasana hati. Anda juga dapat memperoleh manfaat dari kekuatan melawan stres alami dengan memasukkan lebih banyak salad dan sayuran dalam diet Anda dan mengonsumsi secangkir bayam (sekitar 225 gram).

Swiss chard

Swiss chard adalah sayuran hijau berdaun yang tinggi nutrisi anti-stres. Tingkat rendah mineral ini telah dikaitkan dengan kondisi seperti kecemasan dan serangan panik. 

Ditambah lagi, stres kronis dapat menguras simpanan magnesium tubuh Anda, membuat mineral ini sangat penting ketika Anda sedang stres. Satu cangkir (175 gram) lobak Swiss yang dimasak menyediakan 36 persen asupan magnesium harian, yang penting untuk respons stres tubuh Anda.

Jeruk

Photo :
  • Times of India

Jeruk dianggap sebagai cara sempurna untuk bersantai dan mengurangi stres karena mengandung vitamin C yang tinggi. Nutrisi penting ini membantu mengurangi kadar hormon stres kortisol, yang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh, selain meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, yang dapat dikompromikan oleh stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya