Ternyata Ini Rahasia Gizi Seimbang Atlet Renang I Gede Siman Sudartawa

I Gede Siman Sudartawa
Sumber :
  • Dokumentasi Ajinomoto

VIVA – Untuk menjadi seorang juara di ajang turnamen internasional butuh perjuangan. Bukan hanya harus rutin melakukan latian fisik, pemenuhan gizi untuk membangkitkan energi selama mengikuti turnamen juga butuh ditunjang. Seperti yang dialami oleh Perenang Nasional, I Gede Siman Sudartawa

Kolaborasi Akuatik Indonesia dengan Komunitas Renang Indonesia di Festival OWS Bali

Saat ini, Siman tengah mempersiapkan diri untuk maju di ajang turnamen internasional di tengah pandemi COVID-19. Bukan hanya latihan fisiknya yang harus ditunjang, Siman ternyata juga mendapatkan dukungan untuk menurunkan lemak tubuhnya agar bisa menjadi juara. 

Lewat rilis yang diterima VIVA, PT Ajinomoto Indonesia baru-baru ini merilis video Winning Meals Kachimeshi di Website Kachimeshi Indonesia berisi tentang perjalanan sang juara. Di video itu juga diperlihatkan bantuan makanan bergizi seimbang yang diberikan kepada Perenang nasional I Gede Siman Sudartawa. 

Anggota TNI Serda Archia Febra Raih Penghargaan Usai Taklukan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

Melalui dukungan tersebut, mereka berhasil menurunkan lemak tubuh Siman dengan tetap menjaga tingkat energi, yang membawa hasil baik dalam rekor renangnya. Program ini telah membuktikan bahwa makanan bergizi seimbang adalah kunci untuk mencapai fisik yang unggul.

Sejak tahun 2003, perusahaan bumbu masa asal Jepang juga telah mendukung atlet papan atas di Jepang dengan memberikan dukungan nutrisi melalui programnya. Program ini bertujuan untuk mencapai prestasi yang lebih baik bagi atlet nasional melalui makanan bergizi seimbang yang berbasis gizi olahraga dan akumulasi pengetahuan dukungan atlet, sehingga dapat menjadi juara di ajang internasional. Inisiatif ini telah meluas ke Indonesia pada tahun 2018, dan program Kachimeshi Indonesia kini mendukung pemberian makanan bergizi yang disesuaikan dengan kebutuhan atlet renang nasional I Gede Siman Sudartawa, dibimbing oleh Pelatih Albert Sutanto, disertai dengan konsultasi berkelanjutan dari Ahli Gizi Olahraga profesional, Emilia Ahmadi. Program ini dilakukan secara konsisten untuk membentuk kinerja Siman agar selalu berada dalam level tertinggi.

Munasus PB Akuatik Indonesia Bahas Perubahan Nama

“Melalui video terbaru ini, kami ingin membagikan dukungan yang telah kami lakukan kepada Siman dalam situasi COVID-19. Dia sekarang berada di tengah pemusatan latihan, mempersiapkan turnamen internasional besar pada bulan Juli. Namun dia kesulitan untuk menyiapkan makanan bergizi seimbang untuk menjaga status tubuhnya, karena ada banyak batasan untuk mendapatkan makanan yang dia butuhkan di masa pandemi," ujar Public Relations Manager - PT Ajinomoto Indonesia, Katarina Larasati lewat rilis yang diterima VIVA.

Katarina menambahkan, untuk mendukung Siman meningkatkan status tubuhnya dan lebih meningkatkan kinerjanya, pihaknya membuat meal plan khusus dan menu pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan kondisi tubuh Siman saat ini. 
Renang adalah olahraga yang membutuhkan konsumsi energi yang tinggi. Namun, salah satu tujuan Siman adalah untuk mengurangi lemak tubuhnya juga. Oleh karena itu, kami telah membuat menu-menu lezat dengan keseimbangan protein hewani terbaik untuk mengurangi lemak tubuh Siman dengan tetap menjaga energinya," ujar Katarina. 

Katarina juga mengaku, pihaknya bekerjasama dengan ahli gizi dan program pelatihan dengan pelatih, dan sesekali melakukan tes antropometri (cek kesehatan dan fisik terperinci) untuk meninjau kondisinya. Hasilnya sejauh ini, status tubuhnya membaik sesuai rencana, dan tingkat performanya juga meningkat dibandingkan sebelumnya. 

"Ini jelas menunjukkan bahwa makanan bergizi seimbang adalah kunci untuk mencapai fisik yang unggul untuk mencapai performa yang lebih baik." 

“Kami akan terus mendukung Siman untuk bisa tampil lebih baik pada ajang turnamen internasional yang akan datang, dan akan membagikan konten menarik dan informatif yang bersumber dari data, pengetahuan, serta pengalaman yang telah kami kumpulkan melalui program ini pada website," ujar Katarina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya