Catat, 4 Tips Ampuh Usir Jerawat Membandel

Ilustrasi jerawat.
Sumber :
  • Pixabay/Kjerstin_Michaela

VIVA – Jerawat menjadi salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh banyak orang, baik itu pria maupun wanita. Sayangnya, sebagian individu kerap mengabaikan kondisi tersebut atau bahkan menjalani perawatan yang kurang tepat.

Ramalan Kiamat Dapat Sindiran Keras Gegara Timbulkan Hal Mengerikan Ini

Dikatakan General Manager Active Cosmetics Division L’Oréal Indonesia, Silvia Yohana perawatan kulit yang tepat akan bermanfaat untuk merubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik.

Sayangnya di media sosial, kerap dijumpai informasi mengenai cara menghilangkan jerawat dengan beragam bahan alami namun belum tentu cocok bagi kulit. 

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

“Berbagai studi menunjukkan bahwa masalah kulit tidak dapat dianggap sebelah mata, karena dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang, dari mulai kecemasan, kurang percaya diri hingga depresi,” kata Silvia, dalam acara virtual La Roche Posay, baru-baru ini.

Dijelaskan Dermato Venereologist dr. Aryani Sudharmono, Sp.KK(K), FINS-DV, FAADV,  pengobatan yang tepat dan disiplin menjadi kunci utamanya. Lantas, bagaimana penanganan tepat untuk jerawat? Berikut 4 trik jitu lawan jerawat membandel.

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Observasi kemunculan jerawat
Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit terbanyak yang dikeluhkan pasiennya. Pengobatan yang tepat harus dijalani oleh tiap individu yang sedang berjuang melawan jerawat. 

"Kalau pengobatannya benar dan dilaksanakan dengan disiplin, biasanya jumlah jerawat semakin sedikit. Kalau jerawat baru masih muncul sebelum atau sesaat menstruasi, berarti masih sakit dan masih harus terus ditangani," terangnya.

Photo :
  • U-Report

Untuk mengetahui bahwa penanganannya tepat, observasi kemunculan jerawat. Menurutnya, jerawat yang meradang seharusnya diperhatikan setiap dua pekan.

“Jerawat itu sebaiknya diamati jumlahnya dalam periode tertentu misalnya, 2 minggu sekali. Bandingkan jumlah jerawat hari ini dengan jumlah jerawat 2 minggu yang lalu," dokter Aryani di kesempatan yang sama.

Mikrobioma kulit
Audrey Gueniche PharmD PhD, Senior Clinical Expert, L’Oréal Research and Innovation menjelaskan, kesehatan kulit sangat dipengaruhi oleh mikrobioma yang seimbang, karena bisa membantu menjaga, mengatur, dan memperbaiki kulit.

Mikrobioma kulit adalah komunitas mikroorganisme yang tidak terlihat, termasuk bakteri, yang ditemukan di permukaan kulit. Mikrobioma ini bertindak sebagai pertahanan dan pelindung alami dengan membentuk perisai tak terlihat terhadap penyerang eksternal.

"Sejak 2011, kami sudah mendalami microbiome science dan selain itu menghasilkan 13 publikasi serta 19 studi klinis menggunakan Aqua Posae Filiformis, sebuah inovasi dermatologis yang bisa membantu memperbaiki fungsi perlindungi kulit, membantu regenerasi kulit, meningkatkan sistem perlindungan alami kulit, dan bersifat menenangkan," kata Audrey.

Disiplin dan teratur
Dua kunci utama dalam mengatasi jerawat adalah disiplin dan teratur. Apabila perawatan sudah tepat dan mampu menjaga mikrobioma kulit, maka selanjutnya, individu harus tetap disiplin memakai pengobatan termasuk membersihkan wajah dan serangkaian perawatan lain.

"Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, yang benar-benar sembuh dari jerawat, pasien perlu disiplin dalam melakukan perawatan kulit, termasuk membersihkan wajah secara teratur dan menggunakan produk perawatan yang direkomendasikan secara dermatologis," jelasnya.

Jaga kesehatan kulit
Selain itu, menjaga kesehatan kulit agar bakteri tetap seimbang yakni dengan menghindari kulit dari paparan debu. Minimalisir juga sentuhan tangan ke wajah karena dapat menimbulkan jerawat, juga bahaya infeksi lainnya.

Serta, jaga asupan makan tetap baik dan seimbang sehingga kesehatan kulit tetap terjaga. "Tidak hanya itu, sangat penting bagi pasien untuk disiplin dalam menjaga kesehatan kulitnya,” tambah dr. Aryani Sudharmono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya