9 Cara Mengatasi Efek dari Vaksinasi COVID-19

Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sejumlah negara diketahui tengah melakukan program vaksinasi COVID-19 sebagai langkah pencegahan penyebaran virus COVID-19 semakin meluas. Indonesia diketahui sudah melakukan program vaksinasi sejak pertengahan Januari 2021 lalu.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Berbicara mengenai vaksinasi, sejumlah laporan menunjukkan beberapa orang akan mengalami gejala ikutan pasca vaksinasi. Beberapa gejala di antaranya adalah demam, lemas, nyeri, dan memar di area suntikan.

Namun tidak perlu khawatir beberapa hal berikut ini bisa membantu meminimalisasi gejala pasca melakukan vaksinasi COVID-19 seperti dilansir dari laman Times of India

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

1. Dengarkan musik favorit

Musik bekerja secara terapeutik untuk mengurangi hormon stres. Itu juga bisa berfungsi melawan rasa lelah yang luar biasa.

2. Minum teh herbal

Photo :
  • U-Report
KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Teh herbal dengan jahe, merica, dan tulsi adalah kombinasi yang terbaik untuk meredakan gejala pasca vaksinasi karena sifat antibakteri, anti-inflamatory, dan analgesiknya.

3. Makan kacang dan biji-bijian

Pastikan untuk makan segenggam kacang dan biji-bijian yang memiliki antioksidan di dalamnya untuk memerangi efek samping pasca vaksinasi COVID-19. Nutrisi lainnya menyediakan energi dan produksi sel.

4. Peregangan dan rileks

Olahraga memungkinkan darah yang kaya oksigen mengalir melalui tubuh ke jantung, otak, dan otot. Peregangan yang mudah juga dapat membantu mengatasi nyeri lengan

5. Istirahat yang cukup

Photo :
  • Times of India

Tidur yang cukup sebelum dan sesudah vaksinasi bersama dengan beberapa meditasi akan mendukung kekebalan Anda dan membantu Anda mengelola tingkat stres Anda. Rileks diketahui akan membantu vaksin membangun antibodi lebih cepat

6. Makan makanan bergizi

Mengonsumsi makanan yang cukup protein dan kaya nutrisi penting lainnya kan membantu Anda mengatasi tubuh lemah usai vaksinasi

7. Tetap terhidrasi

Photo :
  • Times of India

Minum banyak air dapat membantu membuang racun dari tubuh. Konsumsi air kelapa, jus, dan infused water ke bagan diet atau rutinitas Anda agar tetap bugar dan baik-baik saja.

8. Minum obat penghilang rasa sakit jika diperlukan

Rasa sakit dan nyeri hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat usai vaksinasi COVID-19. Tetapi jika rasa itu sangat membuat Anda tidak nyaman, Anda dapat mengatasinya melalui pengobatan. Jangan mengobati diri sendiri.

9. Gunakan es untuk meredakan pembengkakan
 

Untuk rasa sakit di tempat suntikan, bisa kompres dengan es atau handuk basah untuk mengurangi rasa sakit. Gerakkan lengan Anda atau berolahraga sedikit untuk mengatur aliran darah dan meminimalkan peradangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya