6 Fakta dan Mitos Hati Ayam, Benarkah Bahaya untuk Jantung?

Hati ayam
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA –  Daging ayam memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Proteinnya yang tinggi, ditambah vitamin serta mineral di dalamnya baik untuk kesehatan.

Kurang Tidur Saat Puasa, Bisa Picu Kenaikan Kadar Kolesterol, Kok Bisa?

Bahkan menurut beberapa penelitian, mengonsumsi ayam bisa membantu mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah, serta mengurangi risiko kanker. Tidak heran, bukan hanya karena kelezatannya saja, manfaat dari mengonsumsinya membuat daging ayam ini begitu digemari masyarakat.

Tetapi, bukan hanya daging ayam saja yang menjadi favorit kita. Bagian dalam ayam seperti hati ayam pun menjadi primadona. Sebut saja menu hati ayam goreng di warung pecel lele pinggir jalan, hingga gulai hati ayam di restoran kenamaan pun tidak luput untuk dipesan.

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

Selain nikmat, tetapi kita juga perlu mewaspadai mengonsumsi hati ayam. Berikut ini fakta dan mitos seputar ati ayam seperti penjelasan dari spesialis gizi klinik, dr. Christoper Andrian, Sp.GK dalam program Hidup Sehat tvOne.

1. Hati ayam baik untuk penderita anemia?

Tanpa Disadari, Konsumsi Makanan Ini saat Buka Puasa Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol

Dijelaskan Christoper, hati ayam baik dikonsumsi untuk penderita anemia. Hal ini karena hati ayam banyak mengandung zat besi, vitamin B12 dan asam folat sehingga baik untuk penderita anemia karena kandungan tersebut diharapkan dapat membentuk pembentukan sel darah merah.

2. Hati ayam berbahaya untuk bayi?

Christoper menjelaskan, hati ayam disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi tapi jumlahnya tidak boleh berlebihan karena hati ayam banyak mengandung vitamin A. Vitamin A yang terdapat pada satu potong hati ayam dapat mencapai 6000 IU sehingga konsumsi pada bayi di atas usia 6 bulan dapat disarankan sebagai makanan pengganti ASI sekitar setengah atau satu potong untuk dikonsumsi sehari.

3. Berbahaya untuk kesehatan jantung?

Sepotong hati ayam mengandung sekitar 180 mg kolesterol yang dicukupkan untuk setengah kebutuhan kolesterol manusia dalam satu hari. Sehingga tidak boleh dikonsumsi berlebihan, apabila berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

4. Konsumsi hati ayam sebabkan asam urat?

Hati ayam adalah salah satu makanan yang mengandung tinggi asam urat oleh karena itu penderita asam urat tidak disarankan konsumsi ati ayam.

5. Konsumsi hati ayam menyehatkan mata?

Hati ayam, kata Christopher, mengandung vitamin A. Dalam satu potong hati ayam terkandung 1.600 IU sehingga baik untuk nutrisi mata.

6. Kelebihan vitamin A dari hati ayam dapat melemahkan tulang?

Konsumi hati ayam berlebihan dapat mengakibatkan keracunan vitamin A, karena kadar vitamin A yang sangat tinggi dapat mengakibatkan sakit kepala, kerusakan pada hati, dan menurunkan deposit pada tulang sehingga orang gampang patah tulang dan osteoporosis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya