dr Zaidul Akbar: Kantung Mata Hitam, Tanda Ginjal Bermasalah

Ilustrasi kantung mata/ bola mata
Sumber :
  • Pixabay/ ShaunNameNotTaken

VIVA – Ketika tubuh mengalami masalah, biasanya tubuh akan memberikan sinyal-sinyal peringatan berupa keluhan atau gejala. Termasuk jika organ ginjal bermasalah. 

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Beberapa ciri umum jika terjadi masalah pada ginjal adalah sering buang air kecil, terdapat darah pada urine atau urine berbusa, kehilangan nafsu makan, bau mulut tak sedap, kaki bengkak, sesak napas, timbul gatal pada kulit, hingga kram otot. 

Tapi tahukah kamu, ternyata ada tanda lain yang muncul di wajah jika ginjal sedang bermasalah. Dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar mengatakan, jika terjadi sesuatu di perut akan tetlihat dari wajah. 

Terpopuler: Zaidul Akbar Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari sampai Perbanyak Kelapa saat Makan Getuk

"Karena memang perut kita cerminannya akan tampak di wajah," ujar dokter Zaidul dalam sebuah video yang diunggah di Instagram @jurussehatrasulullah_, dikutip VIVA, Rabu 9 Juni 2021. 

Kemudian, Zaidul membahas mengenai tanda ginjal bermasalah yang terlihat dari raut wajah. 

Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari, Zaidul Akbar: Di Kitab Gizi Manapun Tidak Ada Anjuran Itu

"Saya bilang, ginjalmu masalah. Kamu susah tidur ya? Saya mencoba menanyakan itu berdasarkan keluhan dari organnya. Ternyata cocok," sambung dia. 

Menurut Zaidul, tanda yang terlihat pada wajah jika ginjal mengalami masalah adalah kantung mata yang menghitam atau mata panda. 

"Misalnya ada orang kantung matanya hitam itu masalah. Gak bisa diilangin dengan make up. Ilangnya dengan cara apa? Dia harus tidur, istirahat," kata dia. 

Selain istirahat, penggagas buku Jurus Sehat Rasulullah itu juga menyarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis rempah, untuk memperbaiki fungsi ginjalnya. 

"Dia harus makan tumbuhan. Saya nyebutnya produksi ciptaan Allah, yang bisa memperbaiki fungsi limpanya kalau gak ginjalnya," ungkap dia. 

"Di mana itu didapatkan? Rempah, bumbu-bumbuan. Misalkan apa, ketumbar, lada atau sereh. Jadi keliatan," pungkas dr. Zaidul Akbar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya