4 Masalah Kulit yang Disebabkan Ponsel Cerdas, Ini Solusinya

Smartphone atau ponsel
Sumber :
  • Indian Express

VIVA – Di masa pandemi, ketergantungan kita pada gadget meningkat, membuat kita menghabiskan berjam-jam di depan layar komputer setiap hari. Kebiasaan buruk lain yang kami lakukan adalah terus-menerus menggunakan ponsel — dari saat bangun hingga sebelum tidur. 

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Dengan tidak harus pergi ke mana pun atau bertemu siapa pun, telepon telah menjadi pendamping dalam berinteraksi sosial.

Namun penggunaan smartphone yang berlebihan justru merugikan bagi kesehatan, terutama bagi kesehatan kulit. Peningkatan paparan dapat menyebabkan banyak masalah seperti sakit kepala, sakit leher, masalah penglihatan, selain masalah kulit seperti jerawat, keriput, dan lainnya.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Soumali Adhikary, pembuat konten kecantikan dan gaya hidup berbagi dengan indianexpress.com beberapa masalah kulit umum yang disebabkan oleh penggunaan smartphone atau ponsel yang berlebihan dan bagaimana kita dapat mencegahnya.

Jerawat

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Setiap inci ponsel Anda memiliki kuman, menjadikannya hal paling tidak sehat yang sering digunakan untuk berinteraksi. Setiap kali Anda menelepon, kuman-kuman ini berpindah ke wajah dan dapat memicu terjadinya peradangan kulit.

Solusi: 

Bersihkan ponsel Anda setiap hari dengan tisu antibakteri dan pastikan untuk segera membersihkannya setelah mendapatkannya kembali dari orang lain yang mungkin telah menggunakannya.

Alergi 

Jika Anda akhirnya mendapat ruam di sisi pipi, ada kemungkinan besar mengalami reaksi alergi terhadap ponsel Anda. Tidak semua, tetapi sebagian besar ponsel mengandung nikel dan kromium dalam casingnya yang dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi.

Solusi

Cara ideal untuk menanganinya adalah dengan membungkus ponsel Anda dalam wadah plastik atau menutupinya dengan pelindung.

Keriput dini

Photo :
  • Pixabay

Terus-menerus menatap dan menyipitkan mata ke layar dapat memicu kerutan di sekitar mata, dan memberi Anda tech-neck. Kerutan vertikal dapat muncul di antara alis.

Solusi 

Para ahli menyarankan agar Anda memegang ponsel setinggi mata. Gunakan krim mata dengan efek pendinginan, krim pengencang kulit untuk mendukung keserbagunaan dan untuk penciptaan kolagen.

Kerusakan kulit

Cahaya biru telepon menembus lebih dalam ke kulit Anda dibandingkan dengan sinar UVA/UVB. Dengan kata sederhana, menggunakan telepon terus menerus selama tiga jam dapat menyebabkan kerusakan kulit yang sama besarnya dengan paparan sinar matahari selama satu jam, tanpa perlindungan sinar matahari. Hal ini dapat membuat kulit menjadi cokelat dan memberi Anda beberapa masalah kulit lainnya.

Solusi

Trik sederhana untuk menghindari pigmentasi cahaya biru adalah dengan mengubah kebiasaan Anda menggunakan ponsel terus-menerus. Anda dapat beralih ke mode gelap/malam serta mengecilkan kecerahan ponsel Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya