BTS Meal Picu Kerumunan, Pakar IDI Ingatkan 'Kebangkitan' COVID-19

BTS Meal, Antrian Ojol Antri di MCD
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – BTS Meal yang menjadi kolaborasi McDonalds dan grup boyband asal korea Selatan mendadak menjadi sorotan. Para penggemar BTS dengan sebutan ARMY yang menyerbu untuk membeli paket makanan tersebut memicu kerumunan sehingga banyak pakar mengingatkan bahaya lonjakan kasus COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Salah satunya Ketua Satuan Gugus Tugas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof. Zubairi Djoerban yang mengingatkan bahaya dari kerumunan manusia dengan infeksi COVID-19. Menurutnya, 'kebangkitan' COVID-19 dapat dipicu oleh kerumunan di berbagai acara dan tempat.

"Pelajaran singkat: kebangkitan COVID-19 punya sejumlah faktor potensial yang berkontribusi. Misalnya kerumunan acara pernikahan, yang bahkan mengundang kematian," jelasnya dikutip dari akun twitter resmi miliknya, @ProfesorZubairi, Kamis 10 Juni 2021.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Pakar yang pertama kali menemukan kasus HIV di Indonesia ini menyamakan kasus kerumunan di acara pernikahan dengan antuasiasme pelanggan untuk membeli BTS Meal kemarin. Di peluncuran perdananya, kerumunan tak terelakkan lantaran para penggemar berlomba ingin mencicipi. Alhasil, deretan ojek online serta konsumen pun membanjiri beberapa gerai McDonalds.

"Makanya saya “terkesima” melihat kerumunan di McD dan prihatin dengan antrean para ojol yang cuma menjalani tugas," terangnya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Prof Zubairi berharap agar antusiasme pembeli harus diberikan wadah dengan baik melalui sistem pembelian yang tepat. Ia berpesan agar McDonalds mau kembali mengingat bahwa mempromosikan makanannya harus disertai penerapan protokol kesehatan.

"Sepertinya pihak McD harus menemukan formula yang tepat untuk promosikan BTS Meal itu. Saya rasa yang mau dipromosikan itu makanannya, bukan promosi kerumunannya. Untuk itu butuh protokol yang lebih baik--agar jadi jembatan antara BTS Meal itu dengan penggemarnya," pesannya.

Membalas cuitan Prof Zubairi, salah satu netizen pun setuju bahwa McDonalds harus mampu menjembatani para penggemar dengan paket makanan yang dipromosikannya. "Betul dok, teman-teman fanbase ARMY juga telah memberikan masukan ke pihak McD Indonesia," tulis salah satu akun.

Berikut bentuk imbauan dari BTS ARMY:

BTS ARMY Indonesia menyambut baik keikutsertaan McDonalds Indonesia dengan event global BTSxMCD yang diselenggarakan serentak di beberapa kota di indonesia. Namun berdasarkan hari pertama, event yang berlangsung ini membuat ARMY merasa tidak nyaman sebagai konsumen, maka kami menghimbau:

Membatasi pembelian per hari per aplikasi pemesanan hingga membatasi jarak antrean di toko.

Mengingatkan semua pihak menggunakan masker saat mengantre.

ARMY agar bersabar dan mengingatkan driver agar tida terburu-buru dalam mengantre.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya