5 Manfaat Mentimun, Turunkan Berat Badan Hingga Stabilkan Gula Darah

Mentimun.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Rasanya tidak ada alasan untuk tidak menyukai mentimun. Selain murah meriah, mentimun juga memiliki segudag manfaat untuk kesehatan. 

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Buah yang sering dikira sebagai sayuran ini tinggi nutrisi, senyawa dan antioksidan yang dapat membantu mengobati dan mencegah beberapa penyakit.

Selain itu, mentimun juga rendah kalori, mengandung banyak air dan serat larut, yang menjadikannya ideal untuk meningkatkan hidrasi dan membantu penurunan berat badan. Berikut beberapa manfaat lain dari mentimun, dilansir Healthline, Jumat 11 Juni 2021.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Mengandung antioksidan

Buah-buahan dan sayur-sayuran termasuk mentimun, sangat kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis, seperti kanker, paru-paru, penyakit jantung dan autoimun. 

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Menghidrasi tubuh 

Dalam satu penelitian yang melibatkan 442 anak, dicatat status hidrasi dan konsumsi makanannya. Hasilnya ditemukan bahwa peningkatan asupan buah dan sayuran dikaitkan dengan peningkatan status hidrasi. 

Karena mentimun mengandung sekitar 96 persen air, mentimun sangat efektif untuk meningkatkan hidrasi dan dapat menbantu memenuhi kebutuhan cairan harian kita. 

Membantu menurunkan berat badan

Mentimun berpotensi dalam menurunkan berat badan dengan beberapa cara berbeda. Pertama, mentimun rendah kalori. Selain itu, kandungan air yang tinggi dari mentimun juga dapat membantu menurunkan berat badan. 

Menurunkan gula darah

Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan telah menemukan bahwa mentimun bisa membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui bagaimana mentimun dapat memengaruhi gula darah pada manusia.

Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi mentimun juga dapat membantu memperlancar buang air besar. Karena mentimun mengandung banyak air dan meningkatkan hidrasi, sehingga dapat meningkatkan konsistensi tinja, mencegah sembelit dan membantu melancarkan pencernaan. 

Di sisi lain, Hendrick’s Gin, yang proses penyulingannya mencakup kelopak mawar dan infus mentimun, memberikan penawaran yang unik. Untuk mendapatkan minuman ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang atau menggesek kartu, yaitu cukup dengan menukarkannya dengan mentimun. Penawaran ini berlaku mulai 18-19 Juni 2021, di beberapa bar yang berpartisipasi. 

Selain itu, Hendrick's & Tonic dengan bundel World Cucumber Day edisi khusus, akan tersedia mulai 17 Juni - 6 Juli 2021 di outlet yang berpartisipasi, selama persediaan masih ada. 

Brand Ambassador Asia Tenggara untuk Hendrick's Gin, Charmaine Thio, berkomentar infus mentimun yang digunakan dalam minuman ini bisa menjadi ramuan yang sangat unik namun sangat mengundang. 

"Saya berharap ini dapat disambut baik. Dan saya tidak sabar untuk melihat pecinta gin merangkul hal yang tidak biasa dalam perayaan berbahan bakar mentimun tahun ini," kata dia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya