7 Cara Sederhana Atasi Kepenatan Pasca COVID-19

tidur dibulan ramadhan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kelelahan dan lemah pasca pemulihan COVID-19 adalah hal yang normal, dan kemungkinan akan berlanjut untuk beberapa waktu. Gejalanya adalah kelelahan, lebih banyak tidur, lesu dan lemah, kesulitan dalam memori dan konsentrasi

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Untuk membantu mereka yang pulih dari virus, Dr Rohini Patil, pendiri dan CEO Nutracy Lifestyle, dikutip Pinkvilla membagikan beberapa tips sederhana:

Mengisolasi diri

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Penting untuk mengisolasi diri selama beberapa hari setelah pemulihan COVID-19, karena tubuh Anda lemah dan kemungkinan terkena penyakit lebih tinggi. Ikuti panduan yang diinstruksikan oleh pemerintah dan jaga diri.

Beristirahat

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Istirahat yang cukup sangat penting untuk penyembuhan karena tubuh Anda melawan infeksi. Tubuh dan pikiran Anda perlu istirahat untuk pemulihan. Cobalah untuk bersantai. Hindari menghabiskan waktu menonton televisi, media sosial dan smartphone.

Anda bisa melakukan yoga, meditasi, latihan pernapasan agar tetap tenang dan merasa lebih baik. Mendengarkan musik yang tenang, memijat minyak dll dapat membantu banyak untuk bersantai. Hindari stres, latihan berat dll karena tubuh Anda lemah dan masih dalam pemulihan.

Tidur

Tidur yang cukup sangat penting untuk pemulihan karena memberikan pikiran dan tubuh Anda istirahat. Pastikan Anda menerapkan kebiasaan tidur yang sehat. 

Pastikan Anda memiliki rutinitas sebelum tidur, hindari kafein sebelum tidur, jauhkan ponsel saat akan tidur dan hindari makan larut malam.

Makanan

Photo :
  • U-Report

Pertahankan pola makan yang sehat. Pastikan Anda mengonsumsi semua nutrisi seperti vitamin, protein, karbohidrat, serat, dll. Minum cukup air agar tetap terhidrasi. Dehidrasi adalah alasan lain untuk kelemahan. Minum cairan seperti jus jeruk, jus semangka, air kelapa dll untuk tetap terhidrasi.

Jaga tingkat aktivitas tetap rendah

Usahakan untuk tidak melakukan aktivitas berat karena membutuhkan energi dan tubuh Anda masih lemah dan dalam masa pemulihan. 

Jangan melakukan pekerjaan yang membutuhkan kekuatan mental dan fisik. Berangkat dari pekerjaan juga dan fokus pada istirahat dan isolasi diri sampai Anda pulih sepenuhnya.

Bersenang-senang

Lakukan beberapa aktivitas menyenangkan yang menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Anda dapat membaca novel favorit Anda, menonton serial favorit Anda dan mendengarkan musik tetapi dengan istirahat yang teratur dan untuk waktu yang singkat. 

Juga bisa melakukan aktivitas kecil yang akan membuat Anda aktif. Namun perlu diingat untuk beristirahat dan bersikap baik dan realistis.

Rutinitas harian

Rutinitas sangat membantu untuk menstabilkan. Perlahan, kembali ke rutinitas normal Anda; jangan terburu-buru. Jangan stres tentang pekerjaan dan terus berpikir lebih sedikit tentang pekerjaan karena itu membutuhkan energi.

“Setelah beberapa waktu, Anda akan merasa lebih baik dan Anda dapat terus mengikuti gaya hidup Anda, pergi bekerja, berolahraga, dll. Tetapi pastikan untuk makan sehat, tetap terhidrasi, tidur dan istirahat yang cukup dan kurangi stres. Selain itu, gunakan masker saat keluar dan ikuti pedoman pemerintah untuk COVID-19,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya