Ahli: Seminggu Harus Makan Daging Merah 3 Kali

Ilustrasi daging merah.
Ilustrasi daging merah.
Sumber :
  • Pixabay/joon2079

VIVA – Meski banyak orang yang menganggap daging merah tidak sehat. Faktanya, jika dikonsumsi dalam jumlah yang direkomendasikan, daging merah mengandung zat besi dan zinc, yang mampu menjaga daya tahan tubuh. 

Nutrisionist Emilia Achmadi, bahkan menyarankan untuk mengonsumsi daging merah secara rutin. Yaitu, tiga kali dalam seminggu. 

"Dalam satu minggu, itu ada 14 kali makan, makan siang dan makan malam. Dari 14 kali makan itu, tiganya harus ada daging merah. So choose your protein properly. Rule of times 400 gram dalam satu minggu," ujarnya saat press conference The Great Steak Escape yang digelar Meat and Livestock Australia (MLA) di JW Marriott Hotel Jakarta, pada Rabu 16 Juni 2021. 

Selain konsumsi tiga kali seminggu, aturan kedua saat mengonsumsi daging merah adalah menjaga keseimbangan. Apa maksudnya? 

"This is the problem. Kenapa orang nyalahin daging merah, bukan daging merahnya yang salah. Karena pada saat kita makan daging merah, kita gak makan sayurnya. Apa sayur yang be colorful dan yang ketiga bervariasi lah setiap hari," kata dia. 

Lebih lanjut, hal yang tidak kalah penting saat mengonsumsi daging merah adalah cara pengolahan dan memilih potongan dagingnya. 

"Cut (potongan daging) sangat penting bagi saya. Karena kalau milih cut-nya salah, kemudian diolahnya salah, bubarlah. Saya personally, I love steak yang berlemak. Yes, I am a nutrisionist. Tapi saya gak pernah takut dengan daging merah dan saya gak pernah takut dengan lemaknya. Kenapa? Karena ini kualitasnya daging merah," tegasnya.