11 Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan, Obati Asam Urat Hingga Diabetes

Ilustrasi madu.
Sumber :
  • Pixabay/fancycrave1

VIVA – Untuk menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi madu hitam bisa menjadi pilihan. Pasalnya, ada banyak sekali manfaat yang didapat dari madu hitam, jika rutin mengonsumsinya.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Madu hitam berasal dari nektar bunga mahoni. Selain itu, lebah madu yang menghasilkan madu hitam ini juga mengonsumsi nektar dari bunga paitan, kaliandra dan singkong karet. Karena itulah warna madu yang dihasilkan menjadi lebih gelap dan pekat dibanding madu biasanya.

Bukan cuma warna, madu hitam juga cenderung lebih pahit dari madu biasa. Meski begitu, khasiat yang didapat tak jauh berbeda. Bahkan, madu hitam dinilai lebih unggul dari jenis madu lainnya.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Ada begitu banyak kandungan nutrisi dalam madu hitam. Dalam 100 gram madu hitam, terkandung 20 gram air, 0,3 gram protein, 294 kkal, 79,5 gram karbohidrat, 0,2 gram serat, 16 mg fosfor, 26,9 mg kalium, 5 mg kalsium, 0,04 mg riboflavin, dan 4 mg vitamin C.

Beberapa kandungan nutrisi tersebutlah yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan saat dikonsumsi. Berikut deretan manfaat madu hitam bagi kesehatan. 

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

1. Menjaga daya tahan tubuh

Madu hitam bersifat anti inflamasi dan kaya akan antioksidan. Saat dikonsumsi, senyawa antioksidan ini dapat membantu melawan senyawa radikal bebas yang bisa menimbulkan penyakit. 

Karena kandungan nutrisnya, madu hitam juga dapat membantu daya tahan tubuh kita lebih kuat, sehingga saat dikonsumsi, ini juga berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit.

2. Bantu redakan batuk

Sama seperti madu berwarna lain, madu hitam juga merupakan obat alami yang kerap digunakan untuk meredakan batuk. Penelitian dalam Child Pediatric Health menyebutkan, salah satu sifat madu secara umum adalah bisa meredakan gejala batuk. Meski begitu, tetap konsumsi obat batuk lain apabila batuk ingin cepat membaik.

3. Mengobati asam urat

Selain membantu meredakan batuk, madu hitam juga dikatakan bisa membantu mengatasi masalah asam urat. Madu bisa menetralisir senyawa purin dalam tubuh yang dapat memicu produksi asam urat. Meski begitu, klaim ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

4. Membantu mengontrol gula darah

Madu hitam memiliki kadar glukosa rendah, sehingga saat dikonsumsi secukupnya tidak akan meningkatkan gula darah secara drastis. Mengandung kadar glukosa rendah dan alkaoid tinggi, madu hitam juga cenderung baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

5. Membantu mengatasi maag

Mengonsumsi madu juga dinilai dapat membantu meredakan gejala maag, seperti mual dan nyeri perut. Salah satu penyebab seseorang merasakan gejala maag adalah tukak lambung atau peradangan pada dinding lambung yang bisa menyebabkan terbentuknya luka.

Sementara itu, madu memiliki sifat dasar sebagai antibiotik dan bisa mengurangi gejala tukak lambung akibat infeksi bakteri. Salah satunya adalah bakteri Helicobacter Pylori (H. pylori).

6. Membantu mengatasi masalah pernapasan

Sifat anti inflamasi pada madu hitam dipercaya dapat membantu mengatasi gejala radang tenggorokan dan membersihkan paru-paru dari berbagai patogen. Hal ini membuat paru-paru bisa bekerja lebih maksimal, sehingga dapat membantu mengatasi masalah pernapasan.

Nah, jika ingin mengetahui poin 7-11 terkait manfaat madu hitam, klik pada tautan ini, ya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya