Kabar Baik, Studi: Vaksin COVID-19 Tidak Turunkan Kualitas Sperma

Sperma
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Vaksin COVID-19,  Pfizer dan Moderna ternyata tidak mengurangi jumlah atau kualitas sperma pria, dan bahkan dapat meningkatkan jumlah sperma yang mereka hasilkan, menurut sebuah studi baru.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Para peneliti di University of Miami mempelajari jumlah sperma pada pria yang baru saja divaksinasi, dan membandingkan hasilnya dengan jumlah sperma mereka sebelum divaksinasi.

Mereka tidak menemukan pengurangan jumlah sperma untuk pria yang telah menerima satu atau dua dosis vaksin virus corona Pfizer-BioNTech atau Moderna, dan jumlah sperma rata-rata dan median akhir bahkan meningkat.

Denny Sumargo Makan Otak Kelinci Biar Spermanya Bagus, Alhamdulillah Istrinya Hamil!

Tim mengatakan temuan itu melawan narasi palsu yang telah menyebar di halaman media sosial anti-vaksin bahwa vaksin COVID-19 memengaruhi kesuburan, demikian dikutip dari dailymail.

Untuk penelitian yang diterbitkan di JAMA, tim merekrut 45 pria berusia 18 hingga 50 tahun, yang semuanya tidak memiliki kasus COVID-19 yang diketahui sebelumnya dan tidak menunjukkan gejala virus.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Photo :
  • Pinkvilla

Setelah dua sampai tujuh hari berpantang, dan sebelum menerima dosis vaksin pertama mereka, analisis air mani dilakukan pada pria.

Jumlah sperma mereka dianalisis sekali lagi 70 hari setelah mereka menerima dosis kedua dari kedua vaksin mRNA. Jumlah sperma rata-rata meningkat dari 26 juta sel per mililiter cairan (m/ml) menjadi 30 m/ml, peningkatan 15 persen.

Sementara itu, jumlah sperma rata-rata meningkat dari 36 m/ml menjadi 44 m/ml, meningkat 22 persen. Peningkatan jumlah sperma terbesar adalah sekitar 90 persen, dengan penurunan terbesar sekitar 20 persen.

Volume sperma dan motilitas sperma juga meningkat secara signifikan. Peningkatan itu mungkin bukan karena vaksin, karena mereka termasuk dalam fluktuasi normal jumlah sperma.

Ada juga kemungkinan bahwa beberapa hari pantang yang dilakukan para pria sebelum dievaluasi untuk penelitian ini mungkin telah meningkatkan jumlah sperma mereka.

Para peneliti mengatakan ada keyakinan bahwa data menunjukkan bahwa vaksin tidak mengurangi jumlah sperma. Sementara vaksin COVID-19 mungkin tidak banyak berpengaruh pada sperma, virus yang menyebabkan penyakit itu yang berpengaruh.

Sebuah penelitian di Jerman awal tahun ini menemukan bahwa virus corona menyebabkan sperma menjadi meradang, kurang bergerak, dan lebih cenderung menunjukkan tanda-tanda stres teroksidasi.

Konsentrasi sperma pada pria yang menderita COVID juga berkurang lebih dari 500 persen.
Konspirasi bahwa vaksin COVID-19 menyebabkan penurunan jumlah sperma muncul di media sosial di tengah kesibukan klaim palsu tentang efek samping vaksin.

Seiring dengan klaim bahwa vaksin menyebabkan jumlah sperma yang lebih rendah pada pria, dan berdasarkan kebajikan mengurangi kesuburan atau ketidaksuburan, banyak juga yang membuat klaim palsu bahwa vaksin menyebabkan kemandulan pada wanita.

Para ilmuwan telah bekerja untuk menyanggah klaim ini, tetapi penelitian umumnya dapat memakan waktu lama untuk dilakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya